Hari Lengkap untuk Charles Leclerc di Lanjutan <i>Race</i> F1 Monako: Rekor, Kecelakaan, hingga Risiko Penalti
Charles Leclerc (Instagram/@charles_leclerc)

Bagikan:

JAKARTA - Charles Leclerc berhasil meraih pole position dalam kualifikasi GP Monako. Keberhasilan itu diwarnai kecelakaan yang menimpanya dan membuatnya terancam penalti. Hari yang lengkap bagi Leclerc di F1.

Leclerc mencatat waktu lap 1 menit 10,346 detik di kualifikasi ketiga (Q3). Beberapa saat jelang kualifikasi berakhir, tunggangan Leclerc, Ferrari SF21 menabrak pembatas ketika keluar dari swimming pool.

Itu adalah titik kecelakaan yang sama dengan Nicholas Latifi dari Williams Racing, yang mengalami tabrakan pada latihan bebas ketiga (FP3). Ini adalah pole position kedelapan di sepanjang karier Leclerc dalam lomba kandangnya di F1.

Berbarengan dengan rekor itu, ancaman penalti menaungi Leclerc. Usai kecelakaan Ferrari SF21 milik Leclerc terlihat mengalami kerusakan parah di bagian sayap depan.

Jika kerusakan mobil Leclerc lebih parah dan ia diharuskan mengganti gearbox, maka posisi start terdepan GP Monako akan diberikan untuk Max Verstappen dari Red Bull Racing, yang finis kedua di Q3.

“Sungguh disayangkan saya mengakhiri Q3 di dinding pembatas. Tetapi di saat yang sama, saya senang dengan waktu lap yang saya buat. Saya mampu sangat cepat di sektor kedua dan ketiga,” ucap Leclerc.