Charles Leclerc Menangi GP Austria, Raja Baru di Red Bull Ring
Charles Leclerc juara GP Austria di Sirkuit Red Bull Racing. (foto: twitter @ScuderiaFerrari)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc sukses menjuarai GP Austria Minggu, 10 Juli, di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Pebalap asal Monako ini  unggul dua detik atas Max Verstappen, juara Dunia 2021 yang berada di urutan kedua.

Leclerc , menciptakan rekor tersendiri di mana ia kali ini mampu keluar sebagai juara setelah start dari posisi kedua saat balapan di mulai. Ini sekaligus kemenangannya ketiga dalam musim balapan ini. Ia kini berada di posisi ketiga klasemen pebalap F1 musim ini.

“Ini balapan yang cukup tricky. Di awal balapan, kami memiliki kecepatan yang  sangat bagus dan bisa memimpin. Namun di akhir balapan sempat mengalami masalah dengan throttle,” kata Leclerc, dalam konferensi pers.

Masalah itu pula yang membuat rekannya Carlos Sainz terpaksa   berhenti di lap ke-58 saat berada di posisi ketiga dan hendak mengejar Verstappen. Masalah mesin menjadi penyebab utama, bahkan keluar api dari mobil F1 Sainz.

Berkat kemenangan itu, Leclerc yang kini mengoleksi 170 poin masih  berpeluang untuk mengejar Verstappen yang masih memimpin klasemen F1 musim ini dengan 208 poin.  “Kami harus terus menekan hingga akhir musim ini. Balapan masih lama,” ujarnya.

Verstappen juga mengakui jika balapan kali ini cukup tricky baginya. Apalagi pebalap Red Bull Racing ini sempat mengalami masalah dengan ban di awal lomba meski akhirnya mampu menyelesaikan balapan dengan mulus.

Sementara posisi ketiga ditempati Lewis Hamilton dari Mercedes Benz yang konsisten untuk terus naik podium dalam beberapa balapan terakhir. Suka cita juga dialami Mick Schumacher, yang kembali mendapatkan poin dalam dua lomba terakhir.