Tak Tertahan Sejak Lap 1, Max Verstappen Kokoh Rajai GP Austria
Max Verstappen, dua kali berturut-turut juara di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. (foto: f1.com)

Bagikan:

JAKARTA – Max Verstappen kembali memenangi GP Austria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 4 Juli. Kemenangan ini membawa pebalap asal Belanda itu mendapatkan 26 poin tambahan. Selain memenangkan lomba dalam 71 lap, Max juga menjadi pebalap tercepat torehan 1 menit 6, 02 detik. 

“Sungguh gila balapan hari ini. Saya tak menyangka akan berjalan cepat dan mulus dalam lomba ini,” ujar Verstappen.

Dukungan fansnya dari Belanda yang datang ke sirkuit menambah semangat Verstappen. “Luar biasa, terutama di lap terakhir, ketika asap oranye tebal mengudara. Terima kasih kepada semua fans yang sudah mau datang mendukung,” ungkap Verstappen saat diwawancarai, selepas lomba.

Kemenangan di GP Austria ini adalah dua kemenangan berturut-turut setelah pekan lalu, Minggu 17 Juni di sirkuit yang sama dalam tajuk GP Styria, Verstappen juga memenangi lomba. Prestasi back-to-back ini membuat sangat bangga karena dukungan tim dan mesin mobilnya yang luar biasa bahkan sempurna.   

Tambahan 26 poin makin memantapkan posisi Max berada di puncak klasemen F1 dengan 182 poin. Ia meninggalkan pesaing terberatnya Lewis Hamilton yang kini memiliki 150 poin dari sembilan balapan yang sudah digelar musim 2021. 

Di GP Austria, pebalap utama Mercedes ini hanya finis di urutan keempat. Rekan satu tim Lewis, Valtteri Bottas, menempati urutan kedua di balapan kali ini dengan tambahan 18 poin. Di klasemen sementara Bottas hanya berada di urutan ke-5 pebalap dengan 92 poin. 

Sementara pebalap McLaren Mercedes Lando Norris, berhasil menempati urutan ke-3 dan mendapatkan tambahan 15 poin. Poin tambahan ini membuatnya berada di urutan ke-4 klasemen pebalap dengan total 101 poin. 

Norris, yang start dari urutan ke-2 di belakang Verstappen, sebenarnya berpeluang untuk terus menempel pimpinan klasemen itu. Hanya di lap ketiga, ia sempat bersenggolan dengan Sergio Perez. Akhir Pengawas lomba memberikan hukuman penalty tambahan 5 detik  untuk Perez. Namun demikian kecepatan yang dimiliki oleh Norris, mampu menjadikannya finis di urutan ketiga. 

Tragedi penalty tambahan 5 detik juga diterima Sergio Perez. Pebalap Re3d Bull asal Meksiko itu dua kali dinyatakan oleh pengawas lomba mendorong pembalap lain keluar jalur, yakni Charles LecLerc, pebalap Ferrari. 

Tak hanya sekali bahkan dua kali Perez melakukan itu sehingga total penalty 10 detik harus diterima. Hukuman ini membuat Perez harus finis di urutan ke-6 di bawah Carlos Sainz, pebalap Ferrari lainnya.  

Kemenangan Red Bull ini juga membuat mereka memimpin dalam klasemen konstruktor dengan total 286 poin. Mereka meninggalkan Mercedes yang berada di urutan kedua dengan total 242 poin. Urutan ketiga ditempati McLaren Mercedes dengan 141 poin.