Mobil Balap F1 Lewis Hamilton Bakal Dilelang Bulan Depan, Targetnya Laku Rp100 Miliar
McLaren MP4-25A Formula Satu Lewis Hamilton ini diharapkan laku Rp100 miliar. (Wikimedia Commons/Morio)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil balap Formula 1 (F1) McLaren MP4-25A yang dikendarai oleh pebalap Inggris Lewsi Hamilton, saat menjuaraai Grand Prix Turki tahun 2010 silam akan dilelang.

Rencananya, lelang akan dilakukan Grand Prix Inggris 2021 pada 17 Juli mendatang, sebelum balapan kualifikasi di Sirkuit Silverstone. Harganya tidak main-main, berkisar antara 5 juta-7 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp72 miliar-Rp100 miliar. 

Saat dilelang, mobil ini nantinya akan mengitari sirkuit saat proses lelang. Namun, belum diungkapkan siapa pengemudinya. Yang pasti, bukan dari kalangan aktif F1. McLaren Heritage akan menjalankan mobil untuk pembeli, dengan sekitar delapan orang dan perlu beberapa hari persiapan untuk mengoperasikannya. Ban asli Bridgestone telah diganti dengan karet Avon.

Juara dunia tujuh kali Hamilton, sekarang di Mercedes, adalah pebalap Formula Satu paling sukses sepanjang masa dengan rekor 100 posisi terdepan dan 98 kemenangan.

"Ini kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan bagian dari ceritanya," Felix Archer, spesialis mobil untuk pelelang dan mitra Formula One RM Sotheby, melansir seperti Reuters.

"Ini pertama kalinya pemenang lomba Lewis Hamilton ditawarkan secara terbuka," lanjutnya. Lelang kali ini memang akan dilakukan oleh RM Sotheby.

mclaren lewis hamilton
McLaren MP4-25A Formula Satu yang dikemudikan Lewis Hamilton. (Wikimedia Commons/Morio)

Mobil ini dijual oleh kolektor pribadi yang tidak disebutkan namanya. Namun yang pasti, bukan oleh Hamilton atau McLaren. Saat memenangi balapan di tahun 2010 lalu, Hamilton memanfaatkan tabrakan antara Mark Webber dan Sebastian Vettel.

Hamilton mengendarainya dalam empat balapan tahun itu, rekan setimnya juara dunia 2009 Jenson Button dalam lima balapan dan meraih tiga podium dan lap tercepat.

"Ini dari era di mana mesin masih meneriakkan V8 dan akan dikendarai di trek dalam kemarahan. Ini akan menarik bagi seseorang yang menginginkannya sebagai barang kolektor atau benar-benar ingin mengemudi dan duduk di tempat Lewis dan Jenson, kemudian membawanya ke lintasan balap," tukas Archer.

"Jika seseorang bersedia membayar lebih dari satu juta quid (pound) untuk sneakers Kanye West, saya pikir ada seseorang di luar sana untuk mobil Formula Satu Lewis Hamilton. Itu benar-benar karya seni, sepotong sejarah," lanjutnya. 

Archer mengatakan, penentuan harga dilakukan berkaca pada mobil yang dikendarai oleh juara dunia tujuh kali dari Jerman Michael Schumacher dan mendiang pebalap Brazil Ayrton Senna.

Untuk diketahui, mobil F1 Ferrari 2002 yang dipacu oleh Schumacher dijual seharga 6,65 juta dolar Amerika Serikat di Abu Dhabi pada 2019.

"Acara yang sangat istimewa ini akan membuat kami benar-benar melelang mobil F1, sementara mobil itu dikendarai di sekitar sirkuit F1. Ini adalah tahap yang luar biasa untuk menjual mobil ikonik ini," ungkap Direktur Hospitality F1 Kate Beavan.