Lelang Perhiasan Bersejarah Bernilai Jutaan Dolar, Safir Kashmir hingga Tiara Kerajaan Italia
Tiara kerajaan bersejarah yang dilelang. (Sumber: Sothebys via townandcountrymag)

Bagikan:

JAKARTA - Safir Kashmir yang terbesar yang pernah dilelang dijual dengan harga 3,88 juta dolar Amerika Serikat dalam lelang di Jenewa, Swiss. Bukan sembarang permata tentunya.

Ya, permata seberat 55,19 karat ini dulunya adalah koleksi Maureen Constance Guinness, seorang marchioness dari keluarga pembuat bir Anglo-Irlandia, yang meninggal pada tahun 1998.

Safir Kashmir dengan berat lebih dari 30 karat sangat langka dan dijual bersama satu safir lainnya yang memiliki berat 25,97 karat.

"Safir Kashmir adalah salah satu batu permata berwarna paling langka yang diketahui manusia," kata Benoit Repellin, kepala penjualan perhiasan mewah di Sotheby, Jenewa, Swiss melansir The National News, Rabu 12 Mei. 

"Permata ini selama bertahun-tahun telah memperoleh status yang hampir legendaris," sambungnya menerangkan sekilas latar belakang safir berwarna biru mengilau yang terlihat sangat mewah. 

Selain Safir Kashmir, ada pula tiara kerajaan yang menampilkan motif gulungan bertingkat dengan berlian dan mutiara alami, dijual seharga 1,66 juta dolar Amerika Serikat. 

Tiara adalah hadiah untuk Maria Vittoria dal Pozzo pada pernikahannya pada tahun 1867 dengan Amadeo I dari Italian House of Savoy, kemudian menjadi raja Spanyol. Tiara ini diturunkan dari generasi ke generasi dari keluarga kerajaan Italia.

"Itu benar, indah dan bersejarah yang tetap di House of Savoy selama lebih dari 150 tahun," ungkap Repellin mengenai tiara tersebut.

safir kashmir
Safir Kashmir (Sumber: thejewelerblog)

Sementara penjualan Sotheby dimulai pada Hari Selasa di Swiss, Christie's akan mengadakan lelang perhiasan yang luar biasa di sana pada Hari Rabu.

Menandai peringatan 200 tahun kematian Napoleon, Christie's menjual sembilan permata kekaisaran yang dihiasi safir dan berlian dari koleksi putri angkatnya, Stephanie de Beauharnais.

Potongan-potongan itu termasuk tiara senilai hingga 275.000 dolar Amerika Serikat dan kalung yang diperkirakan bernilai 350.000 dolar Amerika Serikat.

"Semua tetap berada di keluarga yang sama sejak mereka ditawarkan kepada Stephanie de Beauharnais, pada pernikahannya di Istana Tuileries, Paris," papar Marie-Cecile Cisamolo, spesialis perhiasan di Christie's.

Sebanyak 38 safir dari Sri Lanka digunakan untuk membuat set di awal 1800-an. Bintang lain dari acara Christie adalah Spectacle, berlian 100,94 karat tanpa cela dengan harga berkisar antara 12 juta hingga 18 juta dolar Amerika Serikat.

Ini adalah batu terbesar yang pernah dipotong di Rusia dan dipahat dari batu kasar yang digali di wilayah terpencil timur laut Yakutia pada tahun 2016.

Selain itu, penjualan Christie termasuk mahkota safir yang dikenakan oleh Ratu Mary II dari Portugal, yang memerintah dua kali sebelum kematiannya pada tahun 1853.