Berkat Teknologi Keselamatan Halo, Pebalap F1 Zhou Guanyu Lolos dari Maut
Teknologi Halo mampu selematkan nyawa pebalap. (foto: twitter @F1)

Bagikan:

JAKARTA - Pembalap Formula Satu asal China, Zhou Guanyu, kemungkinan tidak akan hidup hari ini jika bukan karena perangkat titanium halo yang membentuk lapisan pelindung di sekitar kokpit mobil balapnya. Zhou memuji perangkat perlindungan, yang dikenal sebagai halo, karena menyelamatkan hidupnya setelah kecelakaan mengerikan selama putaran pertama Grand Prix Inggris Minggu, 3 Juli.

“Aku baik-baik saja, semuanya jelas. Halo menyelamatkan saya hari ini, ” ungkap Zhou dalam cuitannya di twitter pada Minggu, 3 Juli. “Terima kasih semuanya atas pesan baik Anda!”

Zhou adalah salah satu dari beberapa pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan di tikungan pertama, di mana mobil Alfa Romeo-nya terbalik dan tergelincir melintasi trek sebelum menabrak pagar. Halo, yang membentuk perlindungan parsial di sekitar kokpit, mencegah Zhou mengalami cedera serius.

Menurut laporan CNN, Mobil Zhou terhenti setelah terjepit di antara penghalang ban dan pagar penahan, yang ada untuk melindungi penonton di sirkuit. Posisi mobil yang terbalik membuat petugas memerlukan beberapa waktu untuk mengeluarkan pebalap itu.

George Russell dari Mercedes, yang melakukan kontak dengan Zhou selama tabrakan, segera keluar dari mobilnya setelah berhenti dan berlari untuk memeriksa Zhou.

Pembalap rookie, yang merupakan pembalap China pertama di F1, itu akhirnya ditandu oleh petugas medis darurat dan kemudian dinyatakan sembuh setelah diperiksa di pusat medis.

Halo, yang diperkenalkan oleh F1 pada tahun 2018, pada awalnya ditentang oleh beberapa pembalap. Namun sejak kejadian itu para pebalap memujinya karena menyelamatkan nyawa mereka. Konsep tersebut bocor pada tahun 2015, menyusul kematian pembalap IndyCar, Justin Wilson, saat balapan ketika kepalanya tertimpa puing-puing. Sejumlah pembalap F1 dan IndyCar lainnya juga pernah tewas dalam insiden serupa.

Halo awalnya dirancang oleh Mercedes-Benz Motorsports, tetapi FIA mengambil alih proses pengembangan dan memulai putaran pengujian pada musim gugur. Desain lain diuji, termasuk proposal desain serupa dari tim Red Bull Racing.

Karena F1 dianggap sebagai seri balap paling bergengsi, banyak yang memandangnya untuk memimpin di bidang ini, dan dalam beberapa hal memang demikian. F1 awalnya bermaksud untuk memperkenalkan kokpit halo ke olahraga ini pada tahun 2017, tetapi rencana tersebut ditunda, dengan alasan "kerangka waktu yang relatif singkat" untuk menerapkan persyaratan tersebut.

Halo akhirnya diperkenalkan pada tahun berikutnya, 2018. Formula E, seri olahraga motor listrik, juga menyertakan kokpit halo di mobil balapnya, termasuk dengan beberapa aksen LED.

Kokpit Halo telah menarik kemarahan dari beberapa penggemar olahraga motor karena dapat merusak estetika. Tetapi ketika Anda terbang di tikungan tajam dengan kecepatan 320 km/jam dan sedikit sentuhan bumper dapat membuat mobil balap berputar di udara, halo dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.