Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berhasil mengamankan tiket final Jepang Masters 2023 setelah menekuk Zhang Beiwen pada Sabtu, 18 November 2023.

Gregoria menghentikan langkah tunggal Amerika Serikat itu dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-13 yang berlangsung 36 menit.

“Puji Tuhan dan bersyukur saya merasa senang bisa melangkah ke final. Sejujurnya tanin ini saya juga ada target untuk bisa ada final lagi. Puki Tuhan kali ini saya bisa maju ke final dan dikasih di sini,” kata Gregoria dari keterangan PP PBSI.

Gregoria tampil apik sepanjang laga. Pada gim pertama, dia bisa mengontrol permaian seringa Zhang ikut dalam ritmenya.

Setali tiga uang pada gim kedua. Pebulu tangkis peringkat ketujuh dunia itu masih bisa mendikte Zhang hingga akhirnya mengambil gim kedua dengan keunggulan cukup jauh.

“Pada gim pertam saya diuntungkan permainan lawan yang bisa dibilang tidak sebagus penampilan sebelumnya. Dalam pikiran saya, hari ini pasti akan menang lewat perjuangan sushi. Pokoknya, saya bersyukur dengan penampilan hari ini,” ujar Gregoria.

“Lalu, pada gim kedua kondisinya hampir sama. Lawan dalam posisi tertekan dan tilak bisa kuluar dari situ. Ini sangat menguntungkan bagi saya,” katanya lagi.

Penampilan Gregoria sampat terhenti karena masalah aksesori miliknya. Namun, hal itu tidak menjadi masalah berarti dan dia melanjutkan gim ttetap dengan performa apik.

“Saat medical break, kepalan di telapak kaki kiri sobek. Cuma perlu digunting dan tidak mengganggu penampilan. Saya masih bisa meneruskan pertandingan,” tutur Gregoria.

Sementara itu, Gregoria bakal bertemu tunggal China, Chen Yu Fei, di babak puncak Jepang Masters 2023.

Chen berhasil melangkah ke final usai mengalahkan tunggal Korea Selatan, An Se-young dengan rubber game 21-18, 20-22, dan 21-8.

Melihat kualitas Chen, Gregoria tak mau ambil pusing. Terpenting, dia fokus mempersiapkan diri.

“Besok di final melawan Chen Yu Fei pastinya banyak yang harus dipersiapkan. Dia adalah salah satu pemain top saat ini. Dia begitu consistent penampilannya tanin ini dan pasting bukan lawan mudah untuk saya,” tutur Gregoria.

“Saya mau fokus ke diri saya sendiri untuk melakukan yang terbaik. Saya mau mencoba semaksimal mungkin dengan tidak membebani diri saya sendiri. Yang penting main maksimal saja,” ujarnya.

Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil Indonesia di babak final Jepang Masters 2023.