Gregoria Mariska Jadi Atlet dengan Terobosan Penting 2023 Versi BWF
Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dapat gelar Pebulu Tangkis dengan Terobosan Penting 2023 versi BWF (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung masuk dalam senarai Atlet dengan Terobosan Penting Tahun 2023 versi Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF).

Juara Dunia Junior 2017 tersebut adalah satu-satunya atlet Indonesia di dalam daftar itu. Ia bersama tujuh tunggal/pasangan lain yang dihargai kategori ini.

Predikat atlet dengan terobosan penting ini diberikan oleh induk bulu tangkis dunia tersebut berkat keberhasilan Gregoria menjuarai Jepang Kumamoto Masters 2023, ajang berlevel Super 500 BWF.

"Kemenangan menakjubkan Gregoria Mariska Tunjung atas juara Olimpiade, Chen Yufei, di final Kumamoto Masters Jepang 2023 membuat sejarah karena ia menjadi pemain tunggal putri Indonesia pertama yang memenangi gelar Super 500 atau di atasnya (setara dengan Superseries) sejak Superseries diluncurkan pada tahun 2007," tulis BWF.

Sebelum mengalahkan Chen Yufei di final dalam dua gim langsung, Gregoria yang menjadi unggulan keenam di ajang ini terlebih dahulu menghentikan Nozomi Okuhara, Kim Ga Eun, Yeo Jia Min, dan Beiwen Zhang.

Jepang Masters bukanlah satu-satunya turnamen yang dimenangi Gregoria tahun ini. Pebulu tangkis asal Wonogiri itu juga tercatat menjuarai Madrid Spain Masters.

Pada ajang ini, Gregoria meraih gelar setelah menghentikan nama besar Carolina Marin di semifinal dan Pusarla Sindhu di final. Kedua nama ini adalah mantan juara dunia.

Di luar dua gelar itu, Gregoria juga menjadi runner-up di Malaysia Masters 2023. Dia gagal mengangkat trofi dari ajang ini setelah kalah melawan Akane Yamaguchi di final.

Selain Gregoria, pebulu tangkis lain yang masuk daftar bareng Gregoria ialah Kunlavut Vittidsarn, Li Shi Feng, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Lin Chun, Kodai Naraoka, HS Prannoy, dan Liu Sheng Shu/Tan Ning.