Juarai Japan Masters 2023, Gregoria Mariska Tunjung Juga Catatkan Sejarah Baru
Instagram.com/@badmintalk_com

Bagikan:

JAKARTA - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung berhasil jadi juara di Japan Masters 2023. Gelar itu sekaligus mengukir sejarah baru bagi dunia bulutangkis Tanah Air.

Dalam partai final yang berlangsung di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Minggu 19 November siang WIB. Gregoria menghadapi lawan tangguh. Ia mesti berduel dengan Chen Yufei yang berstatus juara Olimpiade 2020. 

Meski menghadapi tantangan berat, tapi Gregoria Mariska Tunjung berhasil menang dalam dua gim langsung. Ia menunjukan dominasi penuh untuk menumbangkan Yufei dengan skor telak, 21-12, 21-12. 

Kemenangan atas Yufei di babak final menjadikan Gregoria sebagai juara di ajang Japan Masters 2023 di nomor tunggal putri. Selain kemenangan, Gregoria juga mencatat sejarah baru. 

Gregoria Mariska Tunjung jadi tunggal putri Indonesia pertama yang memenangkan gelar BWF Tour level Super 500. Sejak BWF menggunakan skema BWF Tour sejak 2018, belum ada tunggal putri Indonesia yang bisa memenangkan BWF Tour level 500 ke atas. 

Pencapaian terbaik tunggal putri Indonesia adalah juara turnamen level Super 300 yang dimenangkan oleh Fitriani (Thailand Open 2019), Putri Kusuma Wardani (Spain Masters 2021), dan Gregoria di Spain Masters 2023.

Kemenangan Gregoria di Japan Masters 2023 ini membuat tunggal putri Indonesia punya juara di level Super 500 sejak era BWF Tour pada 2018. Gregoria jadi pebulutangkis tunggal putri Indonesia pertama yang sukses mengukir sejarah tersebut.

Gregoria sendiri saat ini jadi pebulutangkis tunggal putri Indonesia dengan peringkat tertinggi. Gregoria kini menempati posisi ketujuh dunia.