Japan Open 2023: Lima Wakil Indonesia ke Perempat Final
  Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung melaju ke perempat final Japan Open 2023/PBSI

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia punya sebanyak lima wakil yang lolos ke perempat final Japan Open 2023. Tiket terakhir didapat oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Georgia menyusul ke babak delapan besar ajang berlevel Super 750 BWF ini setelah menghentikan wakil Chinese Taipei Sung Shuo Yun dua gim langsung 21-16 dan 21-10 di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Jepang, Kamis, 27 Juli.

Hasil sekaligus mempertahankan dominasi Gregoria atas Sung. Total dari tiga pertemuan mereka Sung tidak satu kali pun berhasil memenangi pertandingan.

Sebelumnya menyerah dari Gregoria di Japan Open, Sung telah kalah di kejuaraan dunia junior beregu campuran 2015 dan Indonesia Masters 2023 pada Januari lalu.

"Saya sudah bertemu dia di Indonesia Masters awal tahun ini, walau menang tapi itu bukan permainan yang saya inginkan jadi tadi coba memainkan strategi untuk mengikuti pola permainan dia," ujar Gregoria usai laga.

Pada perempat final besok, Gregoria akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Jepang, yakni Akane Yamaguchi. Ini jelas menjadi ujian berat buat wakil Indonesia tersebut.

Di atas kertas Gregoria dan Akane telah bertemu sebanyak 14 kali. Dari jumlah pertemuan itu, Akane mendominasi dengan 11 kemenangan dan pertandingan sisanya dimenangi Gregoria.

"Besok lawan Akane Yamaguchi. Ini tentunya tidak mudah sama sekali apalagi Akane akan bermain di depan publik sendiri, yang dukung dia banyak. Jadi, saya mau menjadikan ini motivasi untuk menampilkan yang maksimal," kata Gregoria. 

Selain Gregoria, empat wakil lain yang lolos adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Jonatan Christie.

Sementara itu, tiga wakil yang harus pulang adalah Chico Aura Dwi Wardoyo, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.