Japan Open 2023: Jonatan Christie Lolos ke Perempat Final
Jonatan Christie lolos ke perempat final Japan Open 2023/PBSI  

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil mengalahkan wakil China Weng Hong Yang untuk mencapai perempat final Japan Open 2023. 

Pemilik medali emas Asian Games 2018 tersebut mendapat tiket delapan besar ajang Super 750 BWF ini setelah menang dua gim 21-15 dan 21-14 di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Jepang, Kamis, 27 Juli.

Kemenangan ini merupakan yang pertama yang diperoleh Jonatan atas Weng dari total tiga bentrok mereka. Di dua pertemuan sebelumnya Jonatan tercatat selalu menelan kekalahan.

Kekalahan pertama dirasakan Jonatan ketika mereka berhadapan di final Korea Open 2022 lalu. Menyusul setelah itu kekalahan berikutnya terjadi di ajang All England tahun ini.

"Senang dengan kemenangan pertama saya melawan Weng Hong Yang setelah dua pertemuan sebelumnya belum berhasil. Tapi lebih dari itu, saya senang karena bisa menerapkan dan mengeluarkan strategi sesuai dengan yang direncanakan," ujar Jonatan dalam keterangan usai laga.

"Saya terus mencoba menekan dia, lebih berani melakukan serangan dibandingkan dua pertemuan sebelumnya. Saya tidak membiarkan dia untuk berkembang," katanya menambahkan.

Jonatan merupakan satu-satunya wakil Indonesia dari tunggal putra yang tersisa di Japan Open tahun ini. Pasalnya, tunggal putra lainnya Chico Aura Dwi Wardoyo sudah dipastikan angkat koper.

Perjalanan Chico terhenti setelah dia kalah dua gim langsung melawan tunggal putra nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen.

Sebelum Jonatan beberapa wakil Indonesia telah terlebih dahulu ke perempat final. Di antaranya adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kemudian pasangan ganda putra veteran Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga lolos ke babak perempat final.