India Open 2023: Susah Payahnya Jonatan Christie Singkirkan Wakil China
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil mengamankan tiket ke perempat final India Open 2023. Hasil itu diraih setelah melewati perjalanan panjang lewat tiga gim lawan wakil China.

Pada penampilan di babak 16 besar, Kamis, 19 Januari siang WIB, Jojo berjuang selama 62 menit untuk menang dari Zhao Jun Peng. Pertandingan akhirnya dikuasai wakil Indonesia itu dengan skor akhir 21-19, 15-21 dan 21-12.

Sejak awal gim pertama, Jojo berhasil membuka angka lebih dulu atas lawannya. Momen itu jadi modal percaya diri untuk unggul tiga poin, tapi keadaan sempat berbalik karena lepas tiga angka, Zhao malah mengejar dengan unggul 9-7.

Menjelang poin krusial, Jojo bisa menahan lawannya di poin ke-10. Ia kemudian berjuang serius untuk membalikan angka dan menutup interval pertama dengan unggul tipis 11-10.

Selesai jeda, giliran Zhao Jun Peng yang dibuat kewalahan. Jojo melesat cepat dengan permainan efektif hingga akhirnya menutup gim pertama dengan skor 21-19.

Pada gim kedua, Jojo tak bisa mempertahankan permainannya yang baik. Ia hanya mampu unggul di dua poin awal dan tercecer di interval kedua dengan skor 11-7. Lepas jeda pun keadaan Jojo tak banyak berubah, ia kalah 15-21 di gim kedua.

Hasil imbang ini memaksa laga berlanjut ke babak penentuan. Lewat ruber gim, Jonatan Christie bertekad bangkit. Usahanya tak berjalan mulus karena lagi-lagi tertinggal lima poin, tapi setelahnya Jojo bangkit dan membuat jarak 11-7 atas wakil China.

Dengan jarak poin yang cukup untuk terus melaju, Jonatan memanfaatkannya dengan baik. Lepas interval ketiga ia tancap gas untuk memastikan kemenangan, lawannya hanya bisa menambah satu angka dan Jojo menang dengan skor 21-12.

Keberhasilan Jonatan Christie lolos dari babak 16 besar ini membuatnya lolos ke babak perempat final untuk menyusul wakil Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Alfian.

Ganda putra itu menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke perempat final setelah menang atas kompatriotnya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dengan skor 21-17 dan 21-18.

Selanjutnya Jonatan Christie akan berjuang di babak perempat final dengan menghadapi tunggal putra unggulan kelima, Chou Tien Chen.