Kisah LeBron James yang Mulai Menua
Pemain NBA, LeBron James. (Foto: Instagram.com/@kingjames)

Bagikan:

JAKARTA - LeBron James merupakan salah satu pemain terbaik di NBA saat ini. Pemain yang kini membela Los Angeles Lakers itu merupakan satu dari dua pebasket yang meraih 38 ribu poin di NBA.

Dia mengikuti jejak legenda NBA, Kareem Abdul-Jabbar.

Kini, James mulai menua. Dia baru saja menginjak usia 38 tahun pada akhir tahun lalu.

Dengan usianya itu, James jelas punya banyak cerita. Segudang kisah sudah dilalui pemain yang dijuluki King James itu dalam kariernya.

Dia mengungkapkan kejadian menarik ketika harus berhadapan dengan pemain muda seperti Jabari Smith Jr. dan Kenyon Martin Jr pada Senin, 16 Januari, waktu setempat.

Saat itu, Smith Jr berkata pada James, bahwa James bermain melawan ayah Smith Jr di pertandingan pertama NBAnya.

"Itu membuat saya merasa begitu tua, ketika Junior mengatakan hal tersebut kepadaku," ungkap James, dikutip Antara dari NBA TV, Rabu, 18 Januari.

"Ini adalah hal yang unik bahwa saya mampu bertahan dalam 'ujian waktu' selama saya bermain, untuk dapat bersaing sekarang melawan kombinasi ayah dan anak," imbuhnya.

Tantangan lainnya yang mengikuti usia, bagi semua atlet, adalah potensi cedera. James sudah absen dalam dua pertandingan sejak ia menginjak usia 38 tahun. Keduanya untuk mengistirahatkan tubuh, termasuk pergelangan kaki kirinya yang sakit.

Meski demikian, James berhasil mencetak rata-rata 37,0 poin, 9,7 rebound, dan 8,6 assist untuk Los Angeles Lakers dalam tujuh pertandingannya sejak ia berusia 38 tahun. Menurut pelatih Lakers, Darvin Ham, James berada dalam ritme permainan yang bagus.

James pun mendekati rekor skor NBA Kareem Abdul-Jabbar yang sudah merajai tangga poin NBA sepanjang masa dengan 38.387 poin.

Mantan pemain Miami Heat dan Cleveland Cavaliers itu kini hanya tertinggal 316 poin di belakangnya.

Menurut statistik resmi NBA, berdasarkan rata-rata skor karirnya sebesar 27,2 poin per game, James membutuhkan kira-kira 11 atau 12 game lagi untuk memecahkan rekor tersebut. Di lima pertandingan terakhirnya, James total mencetak 169 poin!

Meski demikian, James mengaku dirinya dan tim berfokus pada kesehatan para pemain.

"(Prioritas kesehatan) Itu tidak berubah. Kami belum mendapatkan keberuntungan soal kesehatan yang terbaik, menurut saya, terutama tahun ini. Saya tidak dapat memberi tahu apa yang saya inginkan dari klub basket ini (tanpa kesehatan yang baik)," kata James.