5 Cabor Populer yang Bakal Dipertandingkan di SEA Games dengan Berbagai Jenis Turunannya
Ilustrasi atletik. (Foto: Instagram/@sacindonesiaofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) yang sering dilombakan baik di level nasional hingga internasional terhitung cukup banyak. Beberapa di antaranya cukup populer, tetapi ada juga yang tidak begitu familiar.

Acara internasional terdekat yang melibatkan banyak macam cabang olahraga adalah SEA Games 2023 Kamboja, yang berlangsung 5 sampai 17 Mei nanti. Ajang dua tahunan itu nanti akan mempertandingkan 36 cabor.

Dari cabor-cabor yang kerap dilombakan, beberapa di antaranya bahkan memiliki turunannya atau subcabang. Terutama di atletik yang merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia.

Berikut ini adalah cabor populer yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 dengan turunannya:

Atletik

Atletik adalah cabang olahraga berupa aktivitas fisik yang dinamis dan harmonis. Termasuk di dalam olahraga ini adalah lari, lompat, jalan, dan lempar. Cabang ini memiliki beberapa jenis yang sering dipertandingkan di ajang-ajang seperti Olimpiade.

Jenis-jenis yang sering dilombakan itu adalah lari sprint, lari gawang (110 meter dan 400 meter, lari estafet, jalan cepat, maraton, lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram, dan tolak peluru.

Akuatik

Ini adalah olahraga yang berkaitan erat dengan air. Olahraga ini merupakan salah satu jenis yang sangat populer dan banyak diminati di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di kejuaraan-kejuaraan penting, banyak atlet nasional kerap menorehkan prestasi membanggakan dari cabor ini.

Beberapa jenis olahraga akuatik yang familiar di kuping di antaranya adalah renang, renang indah, polo air, loncat indah, kano, selancar, kayak, snorkeling, dayung, dan ski air. Di SEA Games terdekat di Kamboja nanti, jenis yang akan dilombakan adalah renang, loncat indah, polo air, dan snorkeling.

Gimnastik

Cabang olahraga gimnastik atau gymnastic sebenarnya adalah senam. Olahraga ini menuntut gerakan dasar seperti seperti berguling, melompat, mengayunkan tubuh, dan membalikkan badan.

Cabor ini merupakan kombinasi latihan kelenturan, kekuatan otot, serta latihan keseimbangan. Selain itu, olahraga ini juga membutuhkan kelincahan, kecepatan, serta koordinasi tubuh.

Dua jenis yang paling sering dilombakan adalah artistik dan aerobik. Nomor artistik menggabungkan gerakan senam tumbling dan senam akrobatik untuk mendapatkan gerakan-gerakan yang indah. Senam artistik merupakan salah satu cabang olahraga senam yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

Sementara itu, senam aerobik adalah senam dengan rangkaian gerakan yang terpola maupun tidak terpola dan lazim diiringi dengan irama musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu.

Martial Arts/Bela Diri

Martial arts adalah seni bela diri. Olahraga yang mengutama kekuatan dan ketahanan fisik ini begitu populer. Ini cocok buat siapa saja yang senang dengan olahraga yang menantang.

Ada begitu banyak jenis di olahraga ini, di antaranya adalah tinju, taekwondo, muay thai dan kickboxing, judo, capoeira, gulat, pencak silat, krav maga, kungfu, karate, vovinam, kun bokator, jujitsu, dan arnis.

Catur

Olahraga ini sangat bermanfaat buat kesehatan mental dan mengasah otak. Permainan yang begitu banyak digemari ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengasah kreativitas, dan kecerdasan orang yang memainkannya.

Saat ini permainan catur yang paling dikenal adalah yang menggunakan papan strategi kotak-kotak hitam-putih yang terdiri dari 64 kotak yang disusun dalam petak 8 x 8. Namun, rupanya olahraga ini memiliki jenis lain, yakni xiangqi dan ouk chatrang.