Mengintip Harta Kekayaan LeBron James, Pencetak Skor Terbanyak dalam Sejarah NBA
LeBron James dan Savannah James (Foto: Instagram/@mrs_savannahrj)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Megabintang LA Lakers, LeBron James berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak skor terbanyak dalam sejarah NBA. Capaian tersebut diperoleh ketika Los Angeles Lakers menjamu Oklahoma City Thunder di di Crypto.com Arena, Los Angeles, California, Rabu, 8 Februari 2023 pagi WIB.

James yang menyumpang menyumbang 38 poin, tujuh rebounds, dan tiga assists dalam duel tersebut, telah membukukan 38.388 poin sepanjang kariernya sebagai seorang pebasket profesional.

Capaian tersebut melampaui jumlah poin yang dicatatkan oleh Kareem Abdul Jabbar 34 tahun silam, yang sebanyak 38.387 poin.

Atas capaian ini, LeBron James berhasil melampaui rekor Kareem Abdul Jabbar. Ia pun dinobatkan sebagai pencetak skor terbanyak dalam sejarah NBA.

Selain mencatatkan rekor sebagai pencetak skor terbanyak di NBA, LeBron James merupakan pebasket pertama yang mencapai status miliader ketika masih aktif bermain. Lantas, berapa harta kekayaan LeBron James?

Kekayaan LeBron James

Total kekayaan bersih LeBron James mencapai 1 miliar dolar AS (sekitar Rp14,441 triliun). Angka tersebut merupakan taksiran majalah Forbes edisi 2 Juni 2022.

Pada 2021, Forbes memperkirakan LeBron James mendapatkan 121,2 juta juta dollar AS atau sekitar Rp1,75 triliun.

Sedianya, harta kekayaan LeBron James masih jauh di bawah Michael Jordan. Total kekayaan bersih yang dimiliki oleh legenda bola basket NBA ini mencapai 1,7 miliar dolar AS atau senilai Rp24,55 triliun.

Akan tetapi, Michael Jordan belum berstatus miliarder ketika masih aktif bermain. Status miliarder baru didapatkan Jordan 11 tahun setelah menyatakan pensiun dari basket.

Menjadi miliarder merupakan impian James sejak lama. Hal ini, pernah ia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan GQ pada 2014.

"Jika terjadi, ini tonggak terbesar saya," ujar LeBron James saat itu, menyadur Reuters.

"Jelas, saya ingin memaksimalkan usaha saya. Jika saya mendapatkannya, jika saya kebetulan adalah atlet miliaran dollar, ho. Hip hip hore! Oh Tuhan, saya pasti bersemangat,” sambungnya.

Selama membela LA Lakers, Cleveland Cavaliers dan Miami Heat, LeBron James menerima gaji hampir 400 juta dollar AS (sekitar Rp 5,776 triliun).

Akan tetapi, angka tersebut masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan penghasilannya di luar lapangan.

Forbes menyebut James menerima lebih dari 900 juta dolar AS (sekitar Rp12,997 triliun) dari investasi bisnis dan endorsement.

James menanamkan uangnya di Spring Hill Company, yang merupakan payung usaha yang mencakup Uninterrupted and SpringHill Entertainment, Fenwey Sports Group, sebuah usaha real estate bernilai 80 juta dollar AS dan Blaze Pizza.

Kendati sudah menjaadi miliarder, James tak pernah melupakan kota kelahirannya di Akron, Ohio.

Sebagian uang yang didapatkannya, digunakan untuk membuka sekolah dan rumah jompo, serta pusat komunitas yang membantu keluarga dan anak-anak di sana.

Bisa dibilang, James adalah pebasket paling bersinar di NBA. Beberapa penghargaan dan gelar juara yang pernah diraihnya, antara lain:

LeBron James.
LeBron James. (Foto: Twitter/@KingJames)
  • Juara NBA (2012, 2013, 2016, 2020)
  • Juara NBA Finals MVP (2012, 2013, 2016, 2020)
  • Juara NBA MVP (2009, 2010, 2012, 2013)
  • Juara All-Defensive Team (2009-2013)
  • Juara NBA All-Star
  • Juara All-Rookie Team (2004)
  • Juara NBA All-Star MVP (2006, 2008, 2018)
  • Juara NBA Player of the Month (39 kali)
  • Juara NBA Player of the Week (64 kali)
  • Juara NBA Rookie of the Month (6 kali)
  • Juara NBA Sporting News Most Valuable Player of the Year
  • Juara NBA Sporting News Rookie of the Year

Selain itu, LeBron James juga menyumbang banyak medali untuk Amerika Serikaat dalam pentas olahraga, antara lain:

  • Medali emas Olimpiade 2008 dan 2012
  • Medali perunggu Olimpiade 2004
  • Medali perunggu FIBA World Championship 2006
  • Medali emas FIBA Americas Championship 2007
  • USA Basketball Male Athlete of the Year 2012

Prestasi terbaru, James memecahkan rekor pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA yang sebelumnya dipegang oleh Kareem Abdul Jabbar.

Demikian informasi tentang harta kekayaan LeBron James, pencetak skor terbanyak dalam sejarah NBA. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.id.