Persib Bandung Sudah Oke Lepas 3 Pemain ke TC Timnas Indonesia U-20, Persija Jakarta Kapan?
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Persib Bandung akhirnya mau melepas tiga pemain mereka untuk bergabung dengan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20. 

Kepastian itu disampaikan oleh Direktur Teknis PSSI Indra Sjafri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 9 Februari 2023. Indra meneruskan informasi dari penerjemah Shin Tae Yong, Jeong Seok-Seo.

"Hari ini tiga pemain Persib gabung. Saya dapat laporan barusan dari Jeje (Jeong Seok-Seo). Katanya hari ini. Soalnya (Direktur Persib) Pak Teddy (Tjahjono) bilang sudah oke," kata dia.

Meski demikian, Indra mengatakan ia belum dapat memastikan apakah Persija juga akan melepas empat pemain mereka yang dipanggil oleh Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Sejauh ini, ia melanjutkan, komunikasi pun tetap dilakukan agar Macan Kemayoran mau merelakan pemain mereka demi kepentingan Timnas Indonesia untuk Piala Asia U20 dan Piala Dunia U20 2023.

"Saya tidak bisa [memastikan kapan Persija mau melepas pemain mereka]. Soalnya perkembangan dari hari ke hari dinamis sekali," kata mantan pelatih tim nasional Indonesia U-19 tersebut.

Sebelumnya, Media Officer Persija, Kukuh Wahyudi mengatakan, pihak klub masih belum menentukan tenggat waktu kapan empat pemain itu akan dikirim ke timnas. "Tenggatnya (waktu bergabung ke timnas) tidak ditentukan," ujar Kukuh.

Empat pemain yang masih belum dilepas Persija itu adalah Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Dony Tri Pamungkas, dan Cahya Supriadi. 

Namun, dia menyebut tenaga dari empat pemain itu masih sangat dibutuhkan Macan Kemayoran. "Thomas (Doll) masih menahan (empat pemain) karena masih dibutuhkan di tim utama. Karena kan jadwal pertandingan (Liga 1) sedang padat," katanya.

Pada awal Februari, Shin Tae -yong memanggil sebanyak 30 nama untuk menggelar pemusatan latihan di Jakarta sebagai persiapan untuk dua ajang di atas. Namun, sejauh ini baru hanya 21 pemain saja yang bergabung.

Sembilan nama lain yang belum bergabung itu rinciannya empat pemain Persija Jakarta dan tiga pemain Persib. Sementara itu, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh masih berada di luar negeri.

Marselino baru saja bergabung dengan klub Belgia KMSK Dainze, sedangkan Ronaldo masih berada di Turki untuk menjajaki kemungkinan memperkuat salah satu tim di negara tersebut.