Bagikan:

JAKARTA – Pesepak bola dari Asia kini mulai menjamur sekaligus memberikan kontribusi signifikan di sepak bola Eropa.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, pesepak bola dari Asia mulai banyak dikontrak klub-klub besar Eropa. Hal ini jelas turut membantu meningkatkan visibilitas dan kompetisi di benua ini.

Banyaknya pemain Asia di Benua Eropa, otomatis membuat dunia mulai mengamati bakat-bakat lain yang siap diboyong. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun ke depan tidak menutup kemungkinan semakin banyak pesepak bola Asia yang bermain di Eropa.

Terlepas dari peluang itu, saat ini beberapa wajah pemain Asia pun sudah cukup populer di Eropa sana. Mereka terus menjadi sorotan media berkat peran penting mereka di klub yang mereka bela.

Berikut ini lima pesepak bola Asia terbaik di dunia saat ini yang bermain di Eropa:

1. Son Heung-min (Korea/Tottenham)

Pemain yang memperkuat Tottenham Hotspur ini mengakhiri musim 2021/2022 Premier League sebagai pencetak gol terbanyak. Ia bersanding dengan pemain Liverpool Mohamed Salah.

Total kedua nama itu membukukan 23 gol musim lalu, unggul sebanyak 5 gol dari Cristiano Ronaldo. Pencapaian itu membuat Son pun menjadi pesepak bola Asia pertama yang memenangkan Sepatu Emas di salah satu dari lima liga top Eropa.

Catatan itu semakin mengesankan karena tidak satu pun dari semua gol tersebut ia cetak dari titik penalti. Sementara itu, pada musim ini, Son telah membukukan delapan gol dan tiga asis dalam 28 penampilan di semua kompetisi.

Statistik itu membuat Son tidak diragukan lagi menjadi salah satu pesepak bola Asia terhebat sepanjang masa. Ia merupakan penyerang yang cepat, lincah, dinamis, serta konsisten memberikan kontribusi buat The Lilywhite.

2. Kaoru Mitoma (Jepang/Brighton)

Mitoma baru-baru ini sukses menggemparkan Premier League Inggris. Awalnya ia cuma komoditas yang relatif kurang dikenal sebelum bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada jendela transfer musim panas 2021.

Pelan-pelan dan pasti, dalam beberapa bulan terakhir ia pun sukses membuat gempar kompetisi paling populer itu. Ini karena tujuh gol yang ia jaring untuk Seagulls sejauh musim ini. Menariknya lagi, total gol itu semuanya ia cetak dalam 11 penampilan terakhirnya.

Meskipun bukan pemain tertinggi (hanya 178 cm), ia pun terbukti bisa menjadi ancaman bola udara. Mitoma, lulusan Universitas Tsukuba di Jepang, menulis tesis universitasnya tentang seni menggiring bola.

Ilmu di perguruan tinggi itu sepertinya turut membantu dia di klubnya saat ini. Pasalnya, ia kini termasuk salah satu pemain dengan kemampuan menggiring bola terbaik setelah Lionel Messi.

3. Mehdi Taremi (Iran/Porto)

Penyerang tengah Iran ini adalah salah satu penyerang yang sedang berada dalam performa terbaiknya di Liga Primeira Portugal saat ini.

Taremi adalah penyerang yang sangat mengesankan secara fisik. Ia merupakan pemain yang berkembang pesat karena sukses mencapai performa terbaik dalam kariernya di usia 30 tahun.

Dia telah mencetak 20 gol dan memberikan 11 assist dalam 31 penampilan di semua kompetisi untuk FC Porto sejauh musim ini. Taremi juga mencetak dua gol dan memberikan satu assist dalam tiga penampilan untuk Iran di Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Hwang Hee-chan (Korea/Wolves)

Hwang Hee-Chan dijuluki 'hwangso' (banteng) di Korea Selatan karena gaya permainannya yang agresif. Dia adalah salah satu pemain terbaik yang dihasilkan Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Ia mulai menjadi pusat perhatian selama masa peminjamannya di RB Salzburg pada 2020 lalu. Pada saat itu ia sukses menjalani musim debut yang sangat tak terlupakan sebelum dikirim dengan status pinjaman ke Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2021.

Wolves pun kemudian mengontraknya secara permanen pada musim panas lalu. Hwang Hee-Chan telah mencetak satu gol dan memberikan tiga assist dalam 22 penampilan di semua kompetisi untuk tim Liga Premier itu sejauh musim ini.

5. Takehiro Tomiyasu (Jepang/Arsenal)

Takehiro Tomiyasu bukanlah seorang pemain yang mencolok seperti rekan-rekan lainnya di skuat Meriam London. Ia adalah bek sayap yang tidak banyak bicara dan sangat efektif dalam menjalankan tugas-tugas di sektor pertahanan.

Ia dapat bermain sebagai bek kanan dan juga bek kiri. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan teknik yang baik dan dapat melepaskan umpan silang yang sangat baik. Pemain berusia 24 tahun ini telah memberikan dua assist dalam 25 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal pada musim ini.