Bagikan:

JAKARTA – Asiana Soccer School resmi menjalin kerja sama dengan klub sepak bola Jepang Cerezo Osaka FC. Kerja sama ini bertujuan membangun talenta muda dunia sepak bola Indonesia.

Presiden Director Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Cerezo Osaka FC di Hotel Fairmont pada Selasa, 4 Juli 2023.

"Saya akan membuat akademinya menjadi akademi yang terbaik. Kami berjanji untuk terus berkontribusi buat atlet Indonesia khususnya sepak bola dan itu kami ingin lakukan dari sekarang dengan bantuan Osaka Cerezo," kata Galih.

Asiana Soccer School adalah sebuah wadah pembinaan pesepak bola muda dengan beasiswa penuh yang berbasis di Jakarta. Wadah ini mengusung visi membangun, mengembangkan, dan memberikan pelatihan komprehensif serta profesional kepada pemain muda.

Semenjak diresmikan pada 1 September 2018, Asiana Soccer School telah menemukan, melatih dan mengembangkan karir dari para talenta-talenta para pemain sepak bola muda Indonesia.

Selain itu, Asiana Soccer School juga telah melakukan berbagai negosiasi kemitraan dengan klub sepak bola di Eropa, Amerika, dan Asia serta para pelatih profesional lainnya di industri. Hal itu untuk membuka jalan bagi masa depan pemain muda Indonesia untuk dapat berprestasi di kancah dunia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang hadir dalam penandatangan MoU, mengapresiasi kerja sama ini. Ia berharap pengembangan talenta muda pesepak bola dapat memberikan dampak positif buat sepak bola Indonesia.

"Dengan kerja sama antara Asiana dan Cerezo ini merupakan pembangunan grassroot (akar rumput). Jadi, muda-muda dibangun. Apalagi ada kerja sama pemain akan dikirim, terus ada pengiriman pelatih. Jadi, pembangunan sepak bola mesti dari bawah (fundamental)," kata dia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa kerja sama dengan klub Jepang adalah sebuah langkah maju. Pasalnya, sepak bola Jepang saat ini merupakan terbaik di Asia yang telah bersaing secara global.

"Jepang adalah salah satu negara di Asia yang selalu berhasil lolos di Piala Dunia. Karakter Jepang dan Indonesia dari segi fisik dan budaya mirip. Jadi, Asiana dipilih oleh Cerezo menurut saya cocok. Semoga ini bisa mendorong sepak bola kita ke kancah dunia," ujar dia.

Dalam MoU ini, Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka FC nantinya akan bahu membahu mengembangkan ekosistem industri sepak bola di Indonesia dalam membentuk pemain-pemain muda berbakat agar mampu berkontribusi di liga internasional.

Nantinya para pemain dari Asiana Soccer School akan terlibat dalam sesi latihan bersama tim Cerezo Osaka Academy dan berkesempatan untuk menjajal keahliannya bermain di Klub Cerezo Osaka.

Tak hanya itu, staf manajemen dan pelatih klub Asiana Soccer School juga dapat melihat dan mengikuti beberapa sesi latihan Cerezo Osaka dan sebaliknya.

Cerezo Osaka adalah klub asal negeri Sakura yang telah mewarnai kompetisi J-League sejak tahun 1995 dan berkontribusi dalam pengembangan sejumlah pemain level elit seperti Shinji Kagawa dan Takumi Minamino yang sama-sama mewakili Jepang di Piala Dunia.