Bagikan:

JAKARTA - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menyayangkan hasil imbang yang diraih timnya saat menghadapi Persija Jakarta. Bukan cuma itu, ia juga menyorot tajam soal kepemimpinan wasit di laga perdana timnya di Liga 1 2023/2024 ini.

Laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada Senin, 3 Juli 2023 malam WIB berakhir dengan skor 1-1 bagi kedua tim.

PSM Makassar membuka angka di menit ke-12 lewat Kenzo Nambu. Sedangkan Persija selaku tuan rumah mengimbangi kedudukan di menit ke-81 lewat tendangan Ryo Matsumura dari tengah lapangan.

Tavares mengatakan, timnya sudah mengawali pertandingan lebih baik. Apalagi mereka berhasil unggul di babak pertama.

"Kami punya lebih banyak peluang di awal laga," buka Bernardo Tavares saat konferensi pers setelah laga.

Namun, hasil imbang ini tak membuatnya senang. Dia juga menyoroti kinerja wasit Agus Fauzan yang menurutnya tidak bekerja dengan seharusnya.

"Saat (kami) menyerang, salah satu pemain Persija menarik jersey untuk hentikan pergerakan Yuran (Fernandes). Di luar sana ini jelas penalti, tapi di sini tidak tahu aturan mana yang dipakai," katanya.

Menurut Tavares, wasit harus bisa mengambil keputusan tepat saat pemainnya tersungkur di lapangan. Namun, sang pengadil lapangan justru memilih melanjutkan pertandingan.

Ucapan pelatih PSM itu merujuk pada situasi Erwin Gutawa yang mengalami insiden di lapangan. Ia terlihat tersungkur cukup lama karena dijatuhkan pemain Persija.

Bukannya memberikan jeda untuk penanganan medis, wasit yang bertugas justru terus menggulirkan laga.

"Satu hal lagi yang perlu saya tekankan, wasit utama mempunyai peranan penting menegakkan fair play. Wasit bukan dokter, kalau dia lihat pemain jatuh lebih dari satu menit, wasit harusnya menghentikan laga," kata Tavares.

"Itu (jatuhnya pemain) bisa saja serius atau menimbulkan potensi kematian. Tapi tadi laga jalan terus dan Persija malah mencetak cetak gol saat satu pemain kami jatuh di lapangan," jelasnya soal kejadian di lapangan.

Hasil 1-1 antara Persija Jakarta vs PSM Makasar membuat kedua tim harus berbagi poin satu sama. Saat ini PSM ada di posisi sembilan klasemen, sementara dan Persija mengekor di posisi ke-11.