Jakarta dan Optimisme Yamaha Kembali Juara
Yamaha MotoGP memamerkan motor baru mereka di Jakarta. (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Monster Energy Yamaha MotoGP meluncurkan motor barunya di Jakarta, Selasa, 17 Januari. Indonesia kembali menjadi venue peluncuran motor baru Yamaha karena sejumlah faktor.

Satu di antaranya adalah gairah balap motor, khususnya MotoGP, yang ada di Indonesia. Gairah itulah yang membuat Yamaha MotoGP bersemangat menghadapi musim baru.

"Terima kasih, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (@yamahaindonesia) telah mengundang kami di ‘3S Dealer Meeting’ 2023 Anda. Gairah Anda untuk sepeda motor dan olahraga motor membuat kami semua bersemangat untuk musim MotoGP 2023," demikian pernyataan Yamaha MotoGP di akun Instagramnya.

Motor baru Yamaha yang dipamerkan di Jakarta memang tampil beda. Dibalut dengan livery yang lebih agresif, Yamaha YZR-M1 akan jadi "kuda perang" di MotoGP 2023.

Presiden Yamaha Motor Racing, Takahiro Sumi mengaku optimistis menghadapi MotoGP musim ini.

Sejumlah perubahan dan pengembangan yang dilakukan Yamaha sepanjang musim dingin diyakini bisa membawa Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli menantang gelar.

"Musim ini target kami pastinya untuk merebut kembali titel kejuaraan ke tangan kami," kata Sumi dalam sesi konferensi pers.

"Kami bekerja sangat keras untuk mengembangkan M1 kami untuk membantu Fabio dan Frankie melawan rival-rival yang tangguh. Kami melakukan perubahan pada hampir setiap area di motor ini, khususnya meningkatkan performa top speed sebagai prioritas kami."

"Tapi pada akhirnya bagi sepeda motor ini yang paling penting adalah harmoni antara pebalap dan mesin agar mencapai level yang lebih tinggi," lanjutnya.

Selain dijanjikan kecepatan puncak yang lebih tinggi, Quartararo dan Morbidelli akan mendapati tunggangannya terasa lebih agresif dengan desain kamuflase di bodi motor.

Logo tiga cakar Monster sebagai sponsor utama kini dikelilingi pola kamuflase layaknya kendaraan tempur dengan kombinasi warna biru, hitam dan abu-abu.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

"Sekarang Anda bisa melihat hal yang sedikit lebih agresif, lebih muda, dan kesan kamuflase. Kesan kamuflase ini bukannya tidak disengaja," ujar managing director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis.

"Didesain oleh salah satu desainer top dunia, Aldo Drudi dari Italia. Idenya adalah agar menjadi agresif, karena kami akan bertarung, kami akan berperang, kami akan menantang," sambungnya.

Quartararo tak kalah optimistis. Meski baru saja pulih dari cedera lengan ketika berlatih motocross pada jeda musim dingin, dia merasa sudah sangat siap buat bertempur merebut kembali gelar juara dunia.

"Saya akan bertarung untuk menjadi juara lagi," kata Quartararo. "Saya yakin dengan tim saya dan Yamaha, saya akan membawa pulang kembali titel ke tim pabrikan."

Musim kompetisi MotoGP 2023 akan kembali bergulir mulai 27 Maret lewat balapan pembuka di Portugal dan ditutup di Valencia pada 26 November.

Dorna Sports selaku penyelenggara menerapkan format baru pada tahun ini yaitu dengan menggelar sprint race pada Sabtu sebelum balapan utama pada hari berikutnya, menyuguhkan total 42 balapan untuk para fan balap motor di seluruh dunia.