Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Timnas Amerika Serikat U-17 Gonzalo Segares berambisi membawa pulang gelar Piala Dunia FIFA U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia akan berlangsung dari 10 November sampai 2 Desember terdekat. Amerika Serikat akan memulai perjuangan dari Grup E bersama Perancis, Korea Selatan, dan Burkina Faso.

"Kami ingin bersaing dan kami ingin menang," ujar Segares ketika diminta untuk menguraikan ambisi Amerika di Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia, seperti dinukil dari situs FIFA.

Segares percaya diri lantaran keberanian, kedalaman kualitas, dan budaya tim yang kuat di dalam skuadnya. Hal itu sudah tampak ketika mereka berpartisipasi Kejuaraan Concacaf U-17 pada Februari lalu.

Di ajang tersebut, tim asuhan Segares sukses mencapai babak final. Namun, sayangnya mereka kemudian kalah melawan tetangga mereka Meksiko.

"Itu merupakan tantangan besar bagi kami, dan tim melakukannya dengan sangat baik. Sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk merasakan atmosfer seperti itu di usia yang begitu muda," kata dia.

Kesuksesan di Concacaf U-17 membuat Segares semakin percaya diri tim bisa kembali menjadi penantang gelar juara di Indonesia. Terlebih ini adalah Piala Dunia U-17 perdana buat sang pelatih.

Segares kehilangan kesempatan berkompetisi di turnamen tersebut sebagai pemain ketika Kosta Rika gagal lolos ke edisi 1999 di Selandia Baru.

"Saya membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk merasakan Piala Dunia U-17. Sejak saat itu, saya selalu memikirkan hal itu, tetapi saya tidak pernah tahu bahwa saya akan mendapat kesempatan sebagai pelatih," ujar dia.