Bagikan:

 

JAKARTA – Timnas Panama U-17 akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia U-17 2023 setelah satu dekade absen di ajang tersebut. Mereka akan bertemu  Maroko U-17 di laga perdana. 

Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 10 November. Kick off atau sepak mula laga dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Panama sebelumnya sudah tampil di Piala Dunia U-17 sebanyak dua kali. Pertama, mereka berhasil mencapai babak 16 besar pada saat penampilan debut di tahun 2011 lalu di Meksiko.

Perjalanan mereka ketika itu dihentikan oleh tim tuan rumah. Kedua, Panama lalu lolos ke putaran final lagi dua tahun kemudian, tetapi tersingkir di babak penyisihan grup.

Di edisi tahun ini, Panama hadir dengan lebih percaya diri karena sepak bola mereka sedang bagus-bagusnya. Hal ini dibuktikan oleh penampilan tim senior putra dan wanita di Piala Dunia.

Skuad senior negara ini berkompetisi di Piala Dunia perdana pada tahun 2018  di Rusia. Sementara itu, tim wanita senior melakukan debut mereka di putaran final di Australia dan Selandia Baru tahun ini.

Panama mendapat tiket ke Indonesia setelah menjadi semifinalis Kejuaraan CONCACAF U-17 pada bulan Februari lalu. Setelah lolos dari babak grup, mereka mengalahkan Kuba di babak 16 besar.

Panama  mengunci tiket Piala Dunia U-17 2023 setelah kemenangan 2-1 atas Honduras di babak delapan besar. Sayangnya, mereka kemudian dikalahkan oleh juara bertahan Meksiko di semifinal.

Dalam laga ini pemain Panama yang tampil cemerlang di CONCACAF U-17, Kevin Walder, pantas menjadi sorotan. Ia mencetak empat gol selama kompetisi di benua itu.

Kemampuan menggiring bola, mengontrol bola, dan menyelesaikannya sangat mengesankan dan dia adalah satu-satunya pemain Panama yang masuk dalam tim terbaik turnamen tersebut.

Di sisi lain, Maroko juga hadir di turnamen ini setelah penantian panjang selama satu dekade. Ini adalah penampilan kedua mereka di kompetisi ini sejak debut pada tahun 2013 silam.

Pada edisi itu mereka memuncaki grup yang berisi Uzbekistan, Kroasia, dan Panama, yang akan mereka hadapi lagi di fase grup pada edisi kali ini. Mereka lalu tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Pantai Gading.

Maroko memastikan tempat mereka di Piala Dunia U-17 2023 setelah menjadi runner-up di Piala Afrika 2023 di Aljazair pada awal tahun ini. Di kompetisi itu, Maroko lolos sebagai juara grup mengungguli Nigeria, Afrika Selatan, dan Zambia. 

Mereka lalu mengalahkan tuan rumah Aljazair di babak perempat final dan Mali di semifinal setelah melalui adu penalti. Sayangnya, ambisi Maroko untuk menjadi juara lenyap setelah kalah 2-1 dari Senegal di final.

Jadwal Timnas Panama U-17 vs Timnas Maroko U-17:

Panama U-17 vs Maroko U-17

Matchday I Grup A

Stadion Gelora Bung Karno

Kick off: pukul 16.00 WIB