Bagikan:

JAKARTA - Ekuador U-17 akan menghadapi Panama U-17 pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Kamis, 16 November 2023, pukul 19.00 WIB.

Kedua tim dalam kondisi kontras, tapi sama-sama menatap asa lolos ke babak berikut. Ekuador U-17 berada di kondisi yang cukup menguntungkan. Mereka memimpin klasemen Grup A dengan empat poin dari dua laga.

Sementara Panama U-17 berada di situasi kurang mengenakkan. Mereka terdampar di dasar klasemen Grup A dengan torehan satu poin.

Kendati kondisi kedua tim bak langit dan Bumi, tapi semua tim di Grup A masih punya peluang lolos ke babak 16 besar.

Menilik kesempatan terbuka itu, tak heran kedua tim bakal saling berebut poin penuh. Apalagi hasil laga ini juga bakal memengaruhi klasemen akhir grup dan jadi penentu tim mana yang akan lolos.

Jika mengacu situasi terkini, Ekuador U-17 masih punya peluang paling besar untuk lolos lantaran mereka hanya butuh hasil seri pada matchday ketiga. Sedangkan Panama U-17 punya target berat karena wajib menang.

Ya, satu-satunya skenario bagi Panama U-17 ialah menang. Kalau hanya memetik satu poin, mereka maksimal akan mengantongi dua poin dan sulit bersaing mendapat tiket lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Soalnya, saat ini ada tiga dari empat tim di klasemen peringkat ketiga terbaik yang sudah mengoleksi tiga poin. Mereka ialah Iran (Grup C), Uzbekistan (Grup B), dan Jepang (Grup D).

Jumlah tersebut masih bisa bertambah lantaran Grup E dan F baru memainkan matchday kedua pada Rabu, 15 November 2023.

Kondisi Panama U-17 yang berada di ujung tanduk membuat sang pelatih, Mike Stump, harus memutar otak.

Salah satu sasaran perbaikan ialah perihal efektivitas permainan dan kepercayaan diri tim yang tengah jatuh.

“Pemain ingin menang karena pertandingan ini (melawan Indonesia) sangat penting bagi kami. Kami akan menghadapi Ekuador U-17 dengan lebih percaya diri," kata Stump, dikutip dari laman PSSI.

Sementara itu, situasi Ekuador U-17 relatif lebih aman. Hanya saja, skuad asuhan Diego Martínez juga tetap wajib waspada karena kekalahan bisa membuat skenario kelolosan mereka jadi berantakan.

Untungnya, Ekuador U-17 dalam keadaan baik dari sisi kepercayaan diri. Keberhasilan memenangi pertandingan sengit kontra Maroko U-17 pada matchday kedua menjadi kuncinya.

“Kami memainkan pertandingan bagus melawan tim kuat (Maroko U-17). Kuncinya ialah bisa mengontrol bola dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Itulah yang terjadi. Kami senang bisa meraih kemenangan," ucap kapten Ekuador U-17, Michael Bermudez, dikutip dari laman FIFA.