Bagikan:

JAKARTA - Pemain sayap Arsenal Bukayo Saka akhirnya gagal memperkuat tim nasional Inggris karena cedera yang dialaminya. Saka sempat mendapat panggilan dari manajer Gareth Southgate, namun dia terpaksa tak bisa memenuhinya.

Saka mengalami cedera hamstring saat Arsenal kalah 2-1 dari Lens di pertandingan Liga Champions. Cedera itu membuat dia harus menepi. Meski demikian dirinya tetap masuk skuat Inggris yang akan melakoni laga uji coba dan kualifikasi Euro 2024.

Panggilan dari Southgate menjadi sinyal bahwa Saka sudah pulih dari cedera. Bahkan manajer Arsenal Mikel Arteta juga memasukkan Saka di laga melawan Manchester City di Emirates, Minggu, 8 Oktober malam WIB.

Namun Saka ternyata tidak masuk tim yang diturunkan Arteta dalam big match yang dimenangkan Arsenal 1-0 itu. Lebih dari itu, Southgate pun pada akhirnya mencoret Saka karena belum pulih dari cedera hamstring.

"Dia belum bisa bermain. Bahkan dia belum bisa ikut latihan. Jadi dia harus absen," kata Arteta menanggapi kondisi terakhir Saka.

Lebih lanjut, Arteta mengatakan, "Dia masih merasakan sakit sehingga kami tak ingin mengambil risiko untuk memainkannya. Saya pun akhirnya  tak menurunkannya di pertandingan ini [melawan Man City]."

Saka pun absen untuk kali pertama sejak Mei 2021 saat Arsenal melawan Man City. Ini menghentikan rekor Saka yang bermain 87 kali tanpa putus.

Dirinya juga gagal memperkuat Inggris yang menjalani laga uji coba melawan Australia di London,  Sabtu, 14 Oktober dini hari WIB.

Selanjutnya, The Three Lions melakoni laga berat di kualifikasi Euro 2024 melawan Italia. Pada pertandingan Grup C ini, Inggris menjamu Italia di Stadion Wembley, Rabu, 18 Oktober dini hari WIB.