Mengintip Cadangan Timah Indonesia yang Nilainya Rp300 Triliun Lebih
Ilustrasi tambang timah (Foto: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang mungkin ingin mengetahui jumlah cadangan timah Indonesia setelah ramai kasus dugaan korupsi tata niaga timah yang merugikan negara hingga Rp271 triliun.  

Kasus tersebut turut menjerat sejumlah publik figure, mulai dari ‘crazy rich’ Helena Lim hingga suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Lantas, berapa jumlah cadangan timah Indonesia? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cadangan Timah Indonesia

Berdasarkan Booklet Tambang Timah 2020 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia menempati ranking ke dua dalam daftar negara dengan cadangan timah terbesar di dunia.

Adapun negara yang menduduki ranking pertama daftar tersebut menurut data World Population Review adalah Australia.

Kekayaan hasil timah menjadi salah satu yang berkontribusi di dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini dicerminkan lewat kontribusi tambang timah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Dalam catatan Kementerian ESDM, Indonesia mempunyai cadangan timah sebesar 800 ribu ton atau 23 persen dari cadangan timah dunia, yakni 4,7 juta ton.

Tak hanya itu, Indonesia juga mampu memproduksi 85 ribu ton timah per tahun. Adapun umur cadangan timah adalah 26 tahun.

Pada 2019, Indonesia menjadi produsen timah terbesar kedua di dunia. Pada periode tersebut, total produksi timah Indonesia mencapai 78.189 ton. Angka tersebut setara dengan 22 persen dari total produksi timah dunia yang mencapai 353.554 ton.

Dari segi harga, Trading Economics melaporkan harga timah dunia berada di level 15 ribu – 45 ribu dolar AS per metrik ton sejak 2015. Mengambil nilai tengah, harga komoditas tambang ini berada di level 30 ribu dolar AS per metrik ton.  

Berdasarkan data tersebut, nilai timah Indonesia yang berasal dari jumlah produksi dikalikan harga setara dengan 2,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp36,67 triiun.

Dengan demikian, total nilai timah Indonesia selama 2015-2023 mencapai hampir Rp300 triliun.

Secara cadangan, timah Indonesia mencapai 730 ribu ton. Dengan asumsi harga 30 ribu dolar AS per metrik ton, total nilai cadangan timah di Indonesia mencapai Rp324 triliun.

Data di atas menunjukkan sebesara pesar potensi kekayaan alam Indonesia yang dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi negara namun juga dunia.

Cadangan timah yang melimpah ruah ini 90 persen di antaranya berada di Pulau Bangka Belitung. Di wilayah ini, cadangan timah tidak hanya dijumpai di daratan, tetapi juga lautan.

Selain Bangka Belitung, cadangan timah Indonesia dapat ditemukan di wilayah lain, seperti Kepulauan Riau, Riau, dan Kalimantan Barat.

Demikian informasi tentang cadangan timah Indonesia. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.