Bagikan:

JAKARTA - Pep Guardiola memecah keheningan atas kepergian mengejutkan Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dari Anfield pada akhir musim ini.

Manajer Manchester City itu sangat menghormati rivalnya itu. Dia mengklaim akan tidur lebih nyenyak musim depan tanpa kehadiran Klopp setelah mengundurkan diri di Liverpool.

Soalnya, Klopp menjadi pesaing kuat Guardiola, khususnya di tanah Inggris. Pelatih asal Spanyol itu bahkan menyebut pertarungan City dan Liverpool menjadi persaingan terhebat di era modern Liga Inggris.

"Tentu saja saya akan merindukannya. Itu adalah kejutan, seperti yang terjadi pada semua orang."

"Kami akan kehilangan sesuatu. Kami tidak dapat menentukan periode kami di sini tanpa dia, tanpa Liverpool. Tidak mungkin," ujar Guardiola di The Sun.

Guardiola lebih lanjut menyebut Jurgen Klopp merupakan rival terberat dalam karier kepelatihannya. Mereka tak cuma berjumpa di Inggris.

Sebelumnya, keduanya kerap bentrok saat sama-sama masih menukangi tim Bundesliga.

"Dia telah menjadi rival terbaik yang pernah saya miliki dalam hidup saya."

"Sewaktu dia di Dortmund dan saya masih di Bayern (Munchen), lalu di sini (Inggris). Saya pikir Liga Inggris akan merindukannya, kharismanya, kepribadiannya, dan terutama cara bermain timnya," katanya lagi.

Sementara itu, belum jelas ke mana Jurgen Klopp akan berlabuh pada musim depan. Meski begitu, Guardiola meyakini Klopp tetap akan tetap kembali ke lapangan.

"Tentu saja saya mendoakan yang terbaik untuknya. Dia tidak akan mengakuinya (ke mana pergi), tapi dia akan kembali, saya tahu itu. Mungkin dalam waktu sepuluh tahun, saya tidak tahu."

"Dia mengatakan dengan hati-hati bahwa dia perlu mengisi energinya. Dengan kepribadiannya, dengan energinya, dia akan kembali, tim nasional, tim lain, saya tidak tahu."

"Saya pikir sepak bola membutuhkan kepribadian dan manajer seperti dia," tutur pelatih 53 tahun tersebut.

Terlepas dari itu, Guardiola mengisyaratkan tidak akan mengikuti jejak Klopp dan mengundurkan diri untuk memulihkan energinya.

Eks Manajer Barcelona itu malahan mengapungkan niat memperpanjang kontrak di Stadion Etihad.

"Saya baik-baik saja. Saya masih punya satu tahun lagi. Saya ingin melakukannya dan mungkin memperpanjangnya. Jadi, saya baik-baik saja," katanya.

Jurgen Klopp mengejutkan dunia sepak bola pada Jumat, 26 Januari 2024 dengan mengumumkan pengunduran diri dari Liverpool pada akhir musim ini setelah sembilan tahun di Anfield penuh trofi.