Pengalaman Shin Tae-yong Lama di Australia Jadi Kunci Timnas Indonesia
Timnas indonesia saat menghadapi Jepang di babak grup Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi ujian berat pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Australia menjadi menjadi lawan berikut yang akan dihelat di Stadion Jassim bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024.

Socceroos merupakan salah satu tim kuat di Piala Asia 2023. Mereka lolos ke fase gugur sebagai juara Grup B tanpa pernah kalah dan baru kebobolan satu gol.

Kekuatan Australia disadari betul oleh Shin Tae-yong. Dia bahkan mengungkapkan sejatinya Socceroos tak cocok dicap sebagai wakil ASEAN menilik kualitas sepak bolanya.

"Saya pikir bukan ide bagus Australia berkompetisi di AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN). Sepak bola mereka lebih maju. Australia lebih baik berada di level Asia, sama seperti Korea Selatan, Jepang, atau Arab Saudi, dan lainnya."

"Mereka salah satu tim kuat di Asia dan Piala Asia 2023 ini. Lebih baik Australia kompetisi di AFC saja untuk mengembangkan sepak bola Asia," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak asal melabeli Australia. Selain sudah mempelajari kekuatan sepanjang fase grup Piala Asia 2023, Shin Tae-yong pernah lama di Negeri Kanguru.

Senja karier Shin Tae-yong sebagai pemain dihabiskan di Australia dengan membela Queensland Roar (kini Brisbane Roar) pada 2005.

Dia kemudian melanjutkan perjalanan menjadi asisten pelatih Brisbane Roar selama sekitar tiga tahun.

Pengalaman lama di Australia tentu membawa keuntungan sendiri buat Timnas Indonesia. Pelatih 53 tahun itu memahami benar permainan Socceroos yang akan menjadi lawannya.

"Itu (di Australia) sekitar empat atau lima tahun lalu. Saya tahu warna dan gaya sepak bola Australia. Pelatih di sana punya filosofi."

"Memang sudah sangat berbeda jika membandingkan Australia dulu saat saya di sana dan sekarang. Australia berkembang. Banyak detail berubah, permainan menyerangnya, dan sulit menemukan kelemahannya."

"Saya mencoba mencari tahu itu (kelemahan). Pasti nanti akan berpengaruh terhadap pendekatan kami (Timnas Indonesia)," tutur Shin Tae-yong.

Meski memahami permainan Australia, Shin Tae-yong enggan membocorkan strategi Skuad Garuda menghadapi babak 16 besar Piala Asia 2023.

Dia menegaskan tim Asia Tenggara tak pantas diremehkan dalam pertemuan melawan tim kuat seperti Australia.

"Tim-tim ASEAN, seperti Indonesia, ada juga Thailand, Malaysia, dan Vietnam merupakan tim-tim bagus. Sepak Bola di AFF berkembang terus. Timnas Indonesia juga berkembang selalu," ujarnya.