Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat meragukan kondisi fisik timnya setelah berjuang dan melewati perjalan panjang kontra Arab Saudi.

Namun, menjelang laga kedua Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Australia, sang pelatih sudah yakin pemainnya akan tampil lebih baik.

Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Australia pada Selasa, 10 September 2024, pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sebelumnya, Skuad Garuda memang menjalani perjalanan panjang karena pada laga perdana mesti melawat ke markas Arab Saudi, Stadion King Abdullah. Beruntung, di laga itu hasilnya cukup baik karena berakhir imbang 1-1.

Selepas menaham imbang Arab Saudi pada Jumat, 5 September 2024, penggawa Timnas Indonesia langsung bertolak ke Tanah Air untuk persiapan laga kedua kontra Australia.

"Kami habis bertanding lawan Arab Saudi kemarin langsung kembali ke Jakarta. Pemain pasti merasa lelah. Jadi, jujur belum tahu bagaimana staminanya, pulih dengan baik atau tidak," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin, 9 September 2024, sore WIB.

"Namun, secara performa, pastinya akan lebih baik dibanding saat melawan Arab Saudi," tutur sang pelatih lagi.

Sementara itu, optimisme sang pelatih juga didukung dengan komposisi skuad saat ini yang rata-rata umurnya lebih muda dari pemain Australia.

Keunggulan itu dianggap Shin Tae-yong akan membuat Skuad Garuda bisa tampil lebih aktif dan energik saat menjamu Australia di SUGBK.

"Memang sekarang rata-rata umur pemain Timnas Indonesia adalah 23-an tahun. Menurut saya, ini regenrasi sangat baik untuk Timnas Indonesia. Daya juangnya pun berbeda. Australia rata-rata umurnya 27-an."

"Mungkin kami punya perbedaan pengalaman, tetapi kami tetap punya energi lebih dari pemain-pemain muda ini," ucap sang pelatih.