Shin Tae-yong: Saya Melatih Tim Terlemah, tapi Performa Jauh di Atas Peringkat Kami
Penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 menuai pujian (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia dipandang sebelah mata dalam partisipasi di Piala Asia 2023. Berada di peringkat ke-146 FIFA membuat Skuad Garuda dilabeli tim terlemah.

Tim Merah-Putih memang ada paling bawah dalam daftar tim-tim peserta Piala Asia 2023. Bahkan, terendah dibandingkan tim ASEAN yang ikut di ajang sepak bola terbesar Asia itu.

Namun, Timnas Indonesia sukses membuktikan diri. Permainan mereka sepanjang Grup D menghadapi Irak, Vietnam, dan Jepang menuai pujian.

Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan bahkan mencetak sejarah lolos pertama kali ke 16 besar sepanjang keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia.

Pada empat keterlibatan sebelumnya, Skuad Garuda selalu terhenti di babak grup Piala Asia, dua kali di peringkat ketiga dan dua kali sebagai juru kunci.

Pujian kepada Timnas Indonesia digunakan Shin Tae-yong untuk memberi peringatan.

"Saya melatih tim terlemah di antara 24 tim di turnamen ini. Ini memberikan pengalaman lain buat kami."

"Timnas Indonesia berada di peringkat ke-146 FIFA, tapi tingkat performa kami tidak sama dengan peringkat FIFA kami," ujar Shin Tae-yong di laman AFC.

Melawan tim-tim kandidat juara Piala Asia 2023, seperti Jepang dan Irak, justru menjadikan Tim Merah-Putih semakin kuat.

Shin Tae-yong mengamini perkembangan anak didiknya dari pertandingan ke pertandingan.

"Sebagai pelatih kepala, turnamen semacam ini memberi saya kesan mengenai peningkatan yang diperlukan para pemain,"

"Kami adalah tim termuda di grup. Dengan memiliki pengalaman melawan tim-tim terbaik di Asia akan membantu tim kami untuk terus berkembang," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Tentu saja, perkembangan Timnas Indonesia itu menjadi ancaman serius buat Australia yang akan berjumpa pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

Laga Timnas Indonesia vs Australia bakal digelar di Stadiona Jassim bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024.

Skuad Garuda punya motivasi dan energi besar di partai itu. Mereka tak mau menyia-nyiakan perjuangan lolos pertama kali ke babak gugur.