Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 berhasil menang atas Australia U-23 pada laga kedua fase Grup A Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong mengungkapkan kunci sukses anak asuhnya bisa bangkit dan menang setelah kalah kontroversial melawan tuan rumah Qatar U-23 di laga pertama.

Garuda Muda menjalani laga kedua di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis, 18 April 2024, malam WIB. Timnas Indonesia U-23 berhasil mengamankan kemenangan tipis 1-0 melalui gol Komang Teguh pada menit ke-45.

Kemenangan ini membuka peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak gugur Piala Asia U-23 2024. Ternyata, ada dua kunci Garuda Muda sukses bangkit dan membuktikan kualitas usai kekalahan kontroversial dari Qatar U-23.

Daya juang tinggi dan persiapan mental para pemain menjadi faktor pendorong bangkitnya pasukan Shin Tae-yong.

"Saya mengatakan sebelum pertandingan (kepada pemain), kita tidak boleh menyerah dan harus selalu percaya diri," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi pasca laga dikutip Jumat, 19 April 2024.

"Saya selalu mengatakan kita harus mempersiapkan mental kuat dan mereka berhasil melakukannya dengan baik."

"Mereka berjuang dengan usaha luar biasa besar dan terus berkembang. Itu salah satu alasan kami bisa memenangi pertandingan," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong lebih lanjut tak memungkiri bahwa Australia U-23 adalah lawan berat. Setelah laga, dia bahkan tak segan memuji kualitas yang dimiliki tim berjuluk Olyroos itu.

"Australia tim yang sangat bagus, kami tahu itu. Mereka mempunyai fisik bagus, terutama dalam kecepatan, kemampuan individu, dan teknik baik. Kami sudah tahu akan melalui ujian berat. Itu sangat berat," katanya.

Tiga poin dari kemenangan atas Australia kini membuat Garuda Muda berada di posisi kedua klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024. Pasukan Shin Tae-yong telah mengumpulkan tiga poin usai meraih satu kemenangan dan satu kekalahan.

Setelah membuktikan diri melawan Australia, Timnas Indonesia U-23 kembali harus bersiap untu laga terakhir Grup A menghadapi Yordania U-23. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Minggu, 21 April 2024.