Persib Bandung Melaju ke Championship Series, Persija Punya Peran Buka Jalan
Persib saat ini menghuni peringkat kedua Regular Series Liga 1 2023/2024 (dok. Persib).

Bagikan:

JAKARTA - Persib Bandung dipastikan melangkah Championship Series. Kepastian itu tak lepas dari penampilan Persija Jakarta yang turut membuka jalan untuk Maung Bandung.

Persija Jakarta diagendakan menjamu Persis Solo pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Pada penampilan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu, 17 April 2024, tuan rumah menang 1-0.

Kemenangan ini membuat Persija Jakarta mengumpulkan 41 poin yang membuat mereka aman dari ancaman degradasi.

Sementara Arema FC yang kini ada di peringkat ke-16 (tangga teratas zona degradasi) dengan 31 poin, sudah tidak mungkin mengejar perolehan angka Persija.

Melihat jumlah poin yang dikumpulkan Persija, mereka dipastikan tidak akan bisa menembus Championship Series. Soalnya, Madura United di posisi keempat sudah mengoleksi 50 poin.

Kemenangan Persija ini juga memastikan Persib, yang kini di peringkat kedua, dipastikan mengunci satu tempat Championship Series. Torehan 56 poin membuat Maung Bandung sudah tidak mungkin dikejar Persis Solo (peringkat kedelapan) yang kini mengoleksi 44 poin.

Sebelum dikalahkan Persija, Persis masih punya peluang untuk menggusur Persib dengan poin maksimal 56 dan unggul head-to-head.

Namun, di sisi lain, para pesaing lainnya, yakni PSIS Semarang dan Dewa United juga sudah tidak mungkin menggusur Persib karena keduanya juga kalah head-to-head dengan tim asuhan Bojan Hodak.

Baik PSIS dan Dewa United memang bisa meraih poin maksimal 56, sama seperti koleksi Persib saat ini, tapi Liga 1 2023/2024 Regular Series masih menyisakan tiga laga.

Maung Bandung sebenarnya cuma butuh satu kali seri dari tiga laga sisa tersebut untuk mengunci peringkat kedua Regular Series sekaligus tiket ke Championship Series.

Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat alias dua tiket terakhir ke Championship Series masih bisa diperebutkan tujuh tim.

Bali United dan Madura United yang kini ada di tangga ketiga serta keempat masih bisa digusur PSIS, Dewa United, Persik Kediri, Persis, dan Barito Putera di sisa tiga laga kompetisi.

Bali United kini mengemas 52 poin dan Madura United mengoleksi 50 angka.

Barito Putera (peringkat kesembilan) yang ada di posisi terbawah dalam kontestan perebutan empat besar kini mengemas 42 poin. Laskar Antasari maksimal bisa meraih 51 poin.

Tiga pekan terakhir Liga 1 2023/2024 bakal panas. Selain tujuh tim masih berebut dua tiket ke Championship Series, enam tim lain berjuang mengamankan diri dari kejaran zona degradasi.

Persikabo 1973 menjadi satu-satunya tim yang sudah pasti terlempar ke Liga 2 musim depan. Sementara Arema FC dan Bhayangkara FC masih punya kans keluar dari zona merah.

Lalu, empat tim lain di atas zona relegasi terbilang belum aman. Mereka masih punya kemungkinan merosot masuk ke jurang degradasi di tiga laga sisa.

Persebaya Surabaya, PSS Sleman, RANS Nusantara, dan Persita Tangerang sedang harap-harap cemas.

Pasalnya, Arema masih bisa melewati perolehan poin Persebaya (peringkat ke-12) yang kini mengemas 39 angka.

Bajul Ijo merupakan tim teratas dalam daftar peserta yang terancam degradasi. Mereka terancam Singo Edan yang punya kans maksimal meraih 40 poin.