Protes PSSI Ditolak AFC, Ivar Jenner Dipastikan Absen
Timnas Indonesia U-23 dipastikan kehilangan Ivar Jenner di laga melawan Australia U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Protes yang diajukan PSSI kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) ditolak. Keputusan ini sekaligus memastikan bahwa Ivar Jenner bakal absen membela Timnas Indonesia U-23 di laga lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Australia U-23.

"Itu (protes) ditolak AFC," kata Sumardji, Ketua Badan Tim Nasional PSSI, saat dihubungi Kamis, 18 April 2024.

Timnas akan menjalani laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 menghadapi Australia pada Kamis, 18 April 2024, malam WIB. Pada laga di Stadium Abdullah bin Nasser bin Khalifa itu, Ivar Jenner dipastikan tidak akan tampil.

Ivar absen karena ia menerima kartu merah pada laga perdana Indonesia U-23 kontra tuan rumah Qatar U-23 pada Senin, 15 April 2024. Pemain Jong FC Utrecht itu mendapat dua kartu kuning dalam laga tersebut.

Kartu kuning pertama didapat Ivar pada menit ke-14 setelah melakukan duel yang sebenarnya tidak berbahaya dan bahkan bisa dibilang 50:50. Kartu kuning kedua keluar pada menit ke-46 atau menit pertama babak kedua setelah ia dianggap melanggar Saif Eldeen Hassan.

Karena dua kartu kuning tersebut dirasa berlebihan, PSSI lantas melakukan banding ke AFC. Dalam surat protes PSSI, mereka juga menyinggung soal pelanggaran Rizky Ridho yang berbuah penalti buat Qatar U-23.

Pelanggaran keras yang didapat Marselino Ferdinan saat mendapat peluang emas untuk mencetak gol juga masuk dalam surat protes. Lalu, ada juga pelanggaran keras pemain Qatar terhadap Witan Sulaeman.

Hanya saja, keputusan wasit Nasrullo Kabirov melihat dua insiden itu dicap tidak adil. Pengadil asal Tajikistan itu tidak meniup peluit dalam insiden Marselino, sedangkan pelanggaran keras terhadap Witan hanya berbuah kartu kuning.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia U-23 sudah bersiap melawan Australia U-23 dan melupakan kekalahan kontroversial melawan tuan rumah.

Meski dipastikan tampil tanpa Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta yang juga menerima kartu merah di laga perdana grup, Garuda Muda ketambahan amunisi.

Justin Hubner sudah mendapat izin Cerezo Osaka untuk membela Timnas Indonesia U-23. Dia dijadwalkan tiba di Doha pada Kamis, 18 April 2024, pagi waktu setempat.

Selain itu, Nathan Tjoe-A-On juga sudah bergabung pada menit akhir sebelum laga melawan Qatar U-23. Bahkan, dia sudah dimainkan sebagai pemain pengganti di pertandingan tersebut.