Hasil Liga 1 2023/2024: Persija Menang 2-1 atas PSIS
Persija menang atas PSIS Semarang di laga terakhir Liga 1 2023/2024 (dok. Persija).

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta berhasil mengamankan tiga poin penuh saat menjamu PSIS Semarang pada pekan ke-34 atau laga pemungkas Liga 1 2023/2024.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa, 30 April 2024, sore WIB. Tampil di depan 18 ribu penonton, Macan Kemayoran menutup laga dengan skor akhir 2-1.

Tim asuhan Thomas Doll berusaha mendominasi pertandingan sejak awal laga demi bisa mencetak angka lebih dulu. Namun, rencana itu tak berjalan manis karena perlawanan PSIS cukup menyulitkan tuan rumah. Saking alotnya, babak pertama berakhir 0-0.

Permainan semakin panas memasuki babak kedua. Kedua tim yang sama-sama berusaha memecah kebuntuan mencoba berbagai cara. Kali ini keberuntungan berpihak kepada PSIS yang mencetak angka pembuka lebih dulu.

Skor 1-0 berhasil dibuat PSIS lebih dulu lewat gol Fredyan Wahyu pada menit ke-64 usai memanfaatkan umpan R. Ardiansyah.

Namun, euforia PSIS di hadapan The Jakmania tak berlangsung lama. Tiga menit berselang Macan Kemayoran bisa menyamakan kedudukan.

Marko Simic membawa tim mengimbangi 1-1 setelah memanfaatkan umpan cantik Ryo Matsumura pada menit ke-67.

Ambisi menggandakan angka untuk tuan rumah semakin berkobar setelah skor imbang. Peluang baik berpihak pada Persija kala wasit memberikan penalti.

Eksekusi Maciej Gajos pun mampu menggetarkan jala gawang PSIS dan membuat skor menjadi 2-1 hingga akhir laga.

Kemenangan Persija di laga pemungkas menjadi penutup musim yang cukup menyenangkan. Meski tak bisa mengisi posisi empat besar klasemen untuk menembus Championship Series, Macan Kemayoran terhindar dari zona degradasi dan menempati posisi kedelapan dengan torehan 48 poin.

Sementara itu, empat tim yang berhasil menyegel tiket ke Championship Series ialah Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

Menariknya, tiga dari dari empat tim yang mengamankan tiket ke Championship Series tersebut justru kalah pada pekan pemungkas.

Borneo FC kalah 1-2 saat bertamu ke markas Dewa United. Madura United bermain seri 0-0 saat menjamu Arema FC.

Kemudian, Persib Bandung selaku peringkat kedua yang melawat ke markas PSS Sleman juga kalah 0-1. Terakhir, Bali United takluk 2-4 di kandang Persita Tangerang.