Fajar/Rian Disuruh Berbenah Jelang Lawan India di Piala Thomas 2024
Fajar/Rian secara mengejutkan kalah dari ganda Thailand di laga kedua Grup C Piala Thomas 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto disuruh segera berbenah menjelang pertandingan terakhir fase Grup C di Piala Thomas 2024 melawan India.

Fajar/Rian secara mengejutkan menelan kekalahan melawan pasangan Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul pada laga kedua grup, Senin, 29 April 2024.

Mereka satu-satunya wakil yang tidak menyumbang poin sehingga Indonesia pun menang dengan skor 4-1 untuk memastikan diri lolos ke perempat final.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Ricky Soebagdja, mengatakan kekalahan itu cukup mengejutkan.

"Ini sesuatu yang di luar dugaan dan pastinya catatan evaluasi dengan tim pelatih untuk mereka, mengingat calon lawan terakhir di grup adalah India yang memiliki kekuatan lebih merata," ujar dia.

Indonesia sekarang memuncaki klasemen sementara grup. Fajar/Rian dan kawan-kawan akan melawan India di pertandingan terakhir grup pada Rabu, 1 Mei 2024.

Pertandingan melawan India akan memperebutkan status juara Grup C. Tim juara grup akan lebih diuntungkan dalam hasil drawing babak gugur atau perempat final nanti.

Dalam skema undian, tim juara grup akan bersua tim runner-up dari grup lain. Karena itu, tim-tim juara grup kemungkinan bisa terhindar dari duel dini dengan lawan-lawan yang lebih berat.

"Pastinya kami akan tetap berjuang untuk posisi juara grup terutama di Piala Thomas 2024 dengan kekuatan maksimal untuk bisa mencapai itu," ujar Ricky.

India bukanlah lawan enteng buat pasukan Indonesia. Mereka adalah tim juara bertahan Piala Thomas dan dijagokan untuk mempertahankan gelar kejuaraan beregu putra ini.

Gelar juara Piala Thomas didapat India pada edisi 2022 setelah di final mengalahkan Indonesia. Ketika itu, Indonesia menelan kekalahan telak dengan skor 0-3 melawan Chirag Shetty dan kawan-kawan.

Indonesia datang ke Piala Thomas 2024 dengan ambisi membawa pulang trofi. Terakhir kali Indonesia juara di ajang ini ialah pada edisi 2020.