Jadwal Piala Thomas Uber 2024: Indonesia Berebut Juara Grup
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan kolega ditargetkan juara Piala Thomas 2024 (Instagram/@badminton.ina).

Bagikan:

JAKARTA – Tim putra dan putri Indonesia akan memperebutkan status juara grup pada laga terakhir fase penyisihan Piala Thomas Uber 2024, Rabu, 1 Mei 2024, di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium.

Tim putra akan menghadapi India pada laga terakhir Grup C Piala Thomas 2024 untuk menentukan siapa jawara grup.

Duel Indonesia vs India akan berlangsung pukul 18.00 WIB. Indonesia dan India sebelumnya sama-sama sudah memainkan dua pertandingan. Keduanya pun kompak menang atas Thailand dan Inggris.

Dua kemenangan tersebut sejatinya membuat kedua negara itu otomatis sudah mengamankan tiket perempat final.

Saat ini Indonesia mengamankan posisi teratas Grup C. Fajar Alfian dan kawan-kawan diikuti oleh India di posisi kedua dan Thailand di tempat ketiga serta Inggris di posisi buncit.

Penentuan juara Grup C memiliki arti penting buat Indonesia dan India. Tim yang menjadi juara grup punya keuntungan dalam hasil drawing untuk perempat final nanti.

Dalam sistem undian babak delapan besar, tim juara grup akan bersua runner-up grup lain. Karena itu, potensi melawan lawan yang lebih kuat sangat kecil.

Namun, India bukanlah lawan enteng buat pasukan Indonesia. Mereka adalah juara bertahan Piala Thomas dan masih dijagokan bisa mempertahankan gelar kejuaraan beregu putra tahun ini.

India menjadi juara Thomas Cup edisi 2022 setelah di final mengalahkan Indonesia. Ketika itu, Indonesia menelan kekalahan telak dengan skor 0-3 melawan Chirag Shetty dan kawan-kawan.

Indonesia datang ke Piala Thomas 2024 dengan ambisi membawa pulang trofi. Terakhir kali Indonesia juara di ajang ini ialah pada edisi 2020 yang digelar tahun 2021 karena tertunda akibat pandemi corona.

Setali tiga uang dengan tim putri, Indonesia juga akan memperebutkan status juara grup pada laga terakhir Grup C Piala Uber 2024 melawan Jepang.

Laga Indonesia vs Jepang dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 waktu setempat atau 10.00 WIB.

Saat ini, tim putri Indonesia ada di peringkat kedua klasemen Grup C dengan mengoleksi dua kemenangan atas Hong Kong dan Uganda.

Hasil serupa diraih Jepang, tapi mereka unggul dalam selisih poin atas Indonesia.

Berbeda dengan tim putra, tim putri Indonesia ditargetkan hanya menembus semifinal Piala Uber 2024.

Jadwal Indonesia di Piala Thomas Uber 2024

Rabu, 1 Mei 2024

Piala Thomas 2024

Indonesia vs India

Pukul 18.00 WIB

Piala Uber 2024

Indonesia vs Jepang

Pukul 10.00 WIB