VIDEO: Jejak 'Kriminal' Wasit Indonesia vs Uzbekistan Piala Asia U-23 2024
VIDEO: Jejak 'Kriminal' Wasit Indonesia vs Uzbekistan Piala Asia U-23 2024. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wasit asal Tiongkok, Shen Yinhao ditunjuk menjadi wasit pertandingan semifinal Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Piala Asia U-23 2024. Ditunjuknya Shen Yinhao pun menjadi polemik bagi suporter dan netizen Indonesia. Maklum saja, kinerja wasit asal Tiongkok ini kerap menimbulkan kontroversial. Ia pernah jadi wasit di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Melansir dari pemberitaan South China Morning Post, Shen Yinhao pada 2020 jadi sorotan publik sepak bola Tiongkok karena tesis yang ia buat dianggap plagiat. Tak hanya satu karya ilmiah, satu tesis untuk gelar doktor miliknya juga diduga menjiplak. Tesis Yinhao berjudul 'Penelitian tentang situasi saat ini dan strategi pengembangan sekolah tradisional di kota Shanghai'. Tesis itu diduga menjiplak tesis milik Xuan Haide dengan judul 'Investigasi situasi saat ini dan penanggulangan perkembangan sepak bola tradisional di Provinsi Anhui'.

Universitas Tongji tempat Yinhao mengambil S2 dan S3 telah menyelidiki kasus tersebut. Sayangnya, posisinya sendiri di kampus itu menjabat sebagai wakil dekan Akademi Sepak Bola Universitas Tongji. Meski dugaan plagiarisme Yinhao membuat heboh publik hingga terancam status wasitnya bisa dicabut, namun kasus ini menguap begitu saja dan tidak ditemukan penyelidikan secara hukum.

Shen Yinhao juga pernah jadi bulan-bulanan di sepak bola Tiongkok . Pada 17 Oktober 2020 saat pertandingan Liga Super Tiongkok ia memberikan 'hadiah' penalti yang menguntungkan Shandong Luneng. Bahkan, kepemimpinan wasit Yinhao di Liga Tiongkok pada 2013 membuat laga Guangdong Rizhiquan vs Chengdu Sheffield United berbuntut ricuh. Simak videonya berikut ini.