Ma Ning Menjadi Wasit Final Piala Asia 2023
Ma Ning menjadi wasit utama final Piala Asia 2023 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengonfirmasi bahwa Ma Ning dari China akan memimpin final Piala Asia 2023 pada Sabtu, 10 Februari 2024, di Stadion Lusail, Qatar. Ma menjadi wasit pertama dari China yang memimpin final Piala Asia.

Laga final antara Yordania vs Qatar akan menjadi tugas keempat Ma di Piala Asia 2023. Sebelumnya, dia memimpin pertandingan Grup E antara Korea Selatan vs Bahrain, laga babak 16 besar antara Qatar vs Palestina, dan perempat final antara Iran vs Jepang.

Ma melakukan debut sebagai wasit utama di Piala Asia pada edisi 2019.

Dia memulai perjalanan wasitnya di perguruan tinggi. Ma menjadi wasit nasional beberapa tahun setelah lulus pada tahun 2003. Kemudian ia mendapat kesempatan memimpin Liga Super China pada 2010 sebelum menjadi wasit FIFA pada tahun 2011.

Ia telah menjadi wasit dalam 37 pertandingan di Liga Champions Asia, termasuk leg kedua final 2022 antara Urawa Red Diamonds vs Al Hilal SFC. Ma juga memimpin Piala AFC, Piala Asia U-23, dan Piala Dunia U-17 2019 yang berlangsung di Polandia.

Wasit kelahiran Liaoning ini tampil di Piala Dunia 2022 sebagai ofisial keempat dalam enam pertandingan.

Penugasan itu menandai penampilan pertama Ma di Piala Dunia sekaligu wasit China pertama di turnamen sepak bola terbesar dunia itu dalam kurun 20 tahun.

Sementara itu, pada final Piala Asia 2023, Ma akan didukung dengan baik oleh asisten wasit Zhou Fei dan Zhang Cheng, keduanya dari China. Sementara duo Uzbekistan, Tantashev Ilgiz dan Tsapenko Andrey, masing-masing menjadi ofisial keempat dan asisten wasit cadangan.

Lalu, Fu Ming dari China akan duduk di balik kendali video assistant referee (VAR) dan dibantu oleh Iida Jumpei dari Jepang.