Final IBL 2022 antara Pelita Jaya Vs Satria Muda Dipimpin Wasit asal Filipina, Rekomendasi FIBA Asia
Satria Muda menghadapi Pelita Jaya di final IBL 2022. (Foto: Dok. Situs resmi IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Partai final IBL 2022 yang mempertemukan Pelita Jaya Jakarta kontra Satria Muda Jakarta bakal dipimpin wasit asal Filipina. Penunjukkan ini berdasarkan rekomendasi dari FIBA Asia.

Wasit asal Filipina yang akan memimpin final IBL tersebut adalah Joenard Garcia. Penugasan Garcia diperlukan karena tiga wasit lokal berlisensi FIBA berhalangan.

Harja Jaladri, Budi Marfan, dan Haryanto Sutarto tengah bertugas di luar negeri memimpin sejumlah pertandingan Window 4 Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

"Garcia direkomendasikan oleh Direktur Eksekutif FIBA untuk Asia dan Kepala Sekretariat FIBA untuk Asia, Hagop Khijirian," kata Direktur IBL Junas Miradiarsyah, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 27 Agustus.

Junas berharap kehadiran Garcia bisa sekaligus menjadi ajang pertukaran ilmu bagi wasit-wasit lokal.

"Selain itu juga membuka hubungan dengan harapan kelak wasit kita juga akan dipercaya memimpin pertandingan-pertandingan kompetisi negara lain," kata Junas.

Final IBL 2022 mempertemukan Pelita Jaya dan Satria Muda. Kedua tim lolos setelah sama-sama cuma butuh dua gim untuk menyingkirkan lawannya di semifinal.

Final kali ini tak ubahnya jadi ulangan pertemuan serupa dalam partai puncak musim lalu yang berakhir dengan kemenangan Satria Muda atas Pelita Jaya lewat tiga gim.