Bagikan:

JAKARTA - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak final Kejuaraan Dunia 2022. Hasil itu diraih The Daddies setelah mengalahkan rekan senegara, Fajar Alfian/Muhammad Rian.

Dalam babak semifinal yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang pada Sabtu 27 Agustus pagi WIB. Pertarungan kompatriot ini berlangsung sengit hingga tiga laga, tapi akhirnya tiket ke final diamankan Ahsan/Hendra lewat skor akhir 23-22, 12-21 dan 21-16.

Meski akhirnya harus menyerah dari sang senior, tapi usaha Fajar/Rian di awal babak gim pertama tak bisa dianggap sebelah mata. Keduanya mampu mencuri tiga poin dan terus dijaga hingga skor unggul 6-3.

Jarak tersebut kemudian dicoba diperkecil Ahsan/Hendra, tapi upaya The Daddies masih dimentahkan sang junior hingga akhirnya unggul 11-7 di interval awal.

Setelah jeda Fajar/Rian masih terus mengumpukan poin hingga skor 15-7. Tapi kegigihan ganda putra senior kemudian membuahkan hasil karena di akhir gim pertama skor unggul berpihak pada mereka 23-21.

Pada gim kedua Fajar/Rian menerapkan pola serupa di awal gim pertama untuk kembali merebut poin awal. Hal ini berhasil membawa mereka unggul di interval kedua dengan skor 11-4. Jarak jauh yang dibuat untuk Ahsan/Hendra membuat pergerakan Fajar/Rian lebih leluasa, hingga gim kedua berhasil dimenangkan dengan skor 21-12.

Hasil imbang dari dua babak ini membuat pertarungan mesti berlanjut ke babak penentuan. Di gim ketiga persaingan semakin menegangkan karena Ahsan/Hendra tak lagi memberi ruang pada Fajar/Rian.

Tekanan yang dilakukan Ahsan/Hendra sejak menit awal membuat mereka unggul 6-3 dan terus berjalan mulus hingga interval ketiga ditutup dengan kemenangan 11-5. Setelah paruh ketiga Ahsan/Hendra tampil lebih rileks yang justru membuat Fajar/Rian kerap melakukan kesalahan sendiri.

Situasi itu dimanfaatkan Ahsan/Hendra untuk tampil lebih hati-hati, taktik yang dipilih The Daddies membuahkan hasil manis karena mereka bisa menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-16. Hasil itu membawa mereka ke final untuk menghadapi pemenang dari pertarungan antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) vs Satwik Sairaj Rankireddy/Chirang Shetty (India).