Ginting dan Empat Wakil Indonesia Lainnya Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022
Pebulutangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardianto (kiri) (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Lima wakil Indonesia lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022 setelah menempati dua besar grup turnamen penutup musim itu di Bangkok, Thailand, Jumat, 9 Desember. Lima wakil tersebut adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Ahsan/Hendra telah lebih dulu memastikan tiket semifinal pada laga kedua, Kamis, meski pada pertandingan terakhir mereka harus takluk kepada pasangan China Liu Yu Chen/Ou Xua Yi 13-21, 18-21 pada pertandingan Grup B.

Fajar/Rian menyusul langkah The Daddies ke semifinal setelah finis sebagai juara Grup A. Fajar/Rian sejatinya kalah 21-10, 17-21, 19-21 dari wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Namun kemenangan satu gim atas Ong/Teo ditambah dua kemenangan pada laga sebelumnya cukup membawa wakil Indonesia itu lolos ke babak empat besar.

Dikutip dari ANTARA, pada babak semifinal nanti, Ahsan/Hendra akan berjumpa Ong/Teo, sedangkan Fajar/Rian dinanti Liu/Ou.

Pada nomor tunggal putra, Anthony melaju ke semifinal setelah mengalahkan tunggal putra Singapura sekaligus juara dunia 2021 Loh Kean Yew dua gim langsung 21-12, 23-21 untuk menempati posisi juara Grup B.

Kemenangan dua gim Anthony sekaligus memastikan satu tiket semifinal lainnya bagi Jonatan yang sempat berada pada posisi kritis akibat perolehan poin yang selisih tipis dengan Loh Kean Yew.

Beruntung, Jonatan juga berhasil memetik kemenangan di laga terakhir setelah mengalahkan wakil Taiwan Chou Tien Chen 21-13, 12-21, 21-17 untuk menempati posisi runner-up Grup B.

Ganda campuran Rinov/Pitha menjadi wakil terakhir yang lolos ke semifinal. Rinov/Pitha lolos secara dramatis setelah memenangi laga hidup mati melawan pasangan Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-17, 24-22.

Rinov/Pitha mendampingi pasangan China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang telah lebih dulu lolos setelah menyapu bersih kemenangan.

Sementara itu, dua wakil Indonesia Gregoria Mariska Tunjung dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus terhenti di fase grup.

Apriyani/Fadia takluk kepada pasangan China Chen Qing Chen/Jia Yifan 16-21, 16-21, sedangkan Gregoria kalah 15-21, 21-13, 18-21 dari Akane Yamaguchi asal Jepang.