Lolos Semifinal Australia Open 2022, Gregoria Mariska Belum Pikirkan Kans Tampil di World Tour Finals
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengesampingkan peluangnya tampil di BWF World Tour Finals 2022 yang bergulir Desember. Dia lebih memilih fokus ke Australia Open 2022.

BWF World Tour Finals 2022 akan bergulir 7-11 Desember nanti di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand. Gregoria punya kans untuk tampil di kompetisi tersebut.

"Saya tidak mau mikir terlalu jauh bicara untuk tampil ke WTF (World Tour Finals). Saat ini saya ingin fokus dan konsentrasi saja ke pertandingan babak semifinal yang ada di depan mata dulu," kata Gregoria dalam keterangan yang diterima, Jumat, 18 November.

Gregoria secara matematis menjadi pemain cadangan pertama untuk World Tour Finals 2022. Ini setelah salah satu dari delapan tunggal putri resmi mundur, yakni wakil India, Pusarla V Sindhu, yang menepi karena masih cedera.

Peluang Gregoria untuk tampil di WTF juga membesar setelah saingannya asal Jepang Nozomi Okuhara tersingkir di perempat final Australia Open. Kekalahan itu membuat Okuhara sudah tidak bisa mengejar poin Gregoria.

Saat ini Gregoria telah mencapai 45.500 poin setelah melaju ke perempat final Australian Open 2022. Sedangkan Okuhara mengumpulkan 45.280 point.

Perolehan poin Gregoria masih bisa melebihi angka itu setelah ia mencapai semifinal di turnamen Super 300 BWF itu.

Sejauh ini BWF belum mengumumkan secara resmi daftar pemain tunggal putri yang lolos ke Bangkok karena menunggu berakhirnya Australian Open 2022 akhir pekan besok.

Namun, jika tampil di BWF World Tour Finals tahun ini maka Gregoria otomatis membuat sejarah untuk pertama kalinya olahraga bulu tangkis Indonesia punya tunggal putri yang bermain di Super Series/World Tour Finals.

Gregoria yang merupakan juara dunia junior 2017, baru saja memastikan diri lolos ke semifinal di Australia setelah mengalahkan wakil Jepang Saena Kawakami tiga gim 14-21, 22-20, dan 21-16, di Quay Center, Sydney, Jumat, 18 November 2022.

"Meski menang, tadi terus terang saya masih kurang puas dengan penampilan. Harusnya saya bisa lebih baik dari penampilan tadi. Tapi, saat di poin-poin kritis, saya malah bisa bermain lebih tenang dan akhirnya menang walaupun lewat setting," ucap Gregoria.

Di babak semifinal besok, Gregoria akan menghadapi Han Yue asal China di partai. Han sendiri mencapai semifinal setelah mengalahkan Okuhara (unggulan keempat) dalam pertandingan dua gim langsung.