Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023: Indonesia Terus Menambah Wakil di 16 Besar, Didominasi Sektor Ganda
Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia sukses menambah lebih banyak wakil di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023. Ada enam wakil yang menyusul ke babak lanjutan, kebanyakan dari sektor ganda.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi wakil yang paling anyar memastikan tiket ke babak 16 besar. Turun di sektor ganda putra, mereka lolos setelah menang atas wakil Palestina.

Dalam pertandingan di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab pada Rabu, 26 April Ahsan/Hendra menang dari Dev Ayyappan/Dhiren Ayyappan. Ganda putra senior itu hanya perlu melewati dua gim untuk memastikan angka 21-14 dan 21-17.

Kesuksesan Ahsan/Hendra juga turut dirasakan Muhamad Rian/Fajar Alfian dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Fajar/Rian menumbangkan wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong dalam dua gim dengan skor 21-16 dan 21-18.

Hasil tak jauh berbeda juga diraih oleh Bagas/Fikri. Saat menantang wakil Singapura, Kwek Jun Liang Andy/Loh Kean Hean ganda junior ini juga menang dalam dua gim dengan skor 21-19 dan 21-15.

Selanjutnya dari nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Komang Ayu Cahya Dewi turut menjadi wakil Indonesia di babak 16 besar.

Perjalanan Gregoria lebih berat untuk lolos saat berusaha menjegal Pai Yu Po dari Taiwan. Dia mesti melewati rubber gim sebelum memastikan tiket ke babak selanjutnya dengan kemenangan 19-21, 21-11 dan 21-7.

Jalan Komang Ayu Cahya Dewi berbanding terbalik dengan Gregoria. Ia melaju mulus setelah menumbangkan Aakarshi Kashyap dengan kemenangan dua gim 21-6 dan 21-12.

Satu wakil Indonesia lainnya yang menambah dominasi sektor ganda di babak 16 besar datang dari ganda campuran. Amalia Cahya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma turut menyusul kesuksesan rekan lainnya, menghadapi wakil Taiwan mereka menang tiga gim dengan skor 23-21, 14-21 dan 21-15.

Sejauh ini sudah ada sembilan wakil yang memastikan tempat di babak 16 besar di hari ini, Rabu, 26 April. Sebelumnya, Rinov Rivaldy/Pitha Mentari Haningtyas, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose sudah lebih dulu melaju.