Bagikan:

JAKARTA - Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 resmi dimulai pada Selasa, 25 April. Beberapa wakil Indonesia sudah mengawali perjuangan mereka.

Ada tiga ganda campuran Indonesia yang sudah memainkan pertandingan pertama mereka di Dubai, Uni Emirat Arab. Mereka adalah Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Praven/Melati lolos ke babak kedua setelah menang dua gim langsung 21-17, 21-16 atas ganda campuran asal Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya.

"Pasangan Jepang kan memang mainnya ulet, jadi kami tadi sebelum tanding sudah diskusi agar tidak kalah start dari mereka," kata Praveen seusai pertandingan.

Sementara itu, Dejan/Gloria tampil luar biasa. Mereka sukses menyingkirkan unggulan keenam asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping.

Dejan/Gloria sukses menundukkan pasangan asal China itu dengan dua gim langsung 21-18, 21-14 setelah bertanding dalam 47 menit.

"Hari ini kami tidak terpaku dengan satu pola permainan, kami mencoba banyak variasi karena fokusnya adalah meredam kelebihan mereka yang unggul di bola atas dan sambungan-sambungannya," tutur Dejan.

Sayangnya, langkah kedua pasangan itu tak diikuti Rehan/Lisa. Mereka harus berhenti bertanding karena Rehan mengalami cedera otot perut dan pinggang.

Rehan sudah berjuang maksimal untuk mengatasi cederanya tersebut. Pasangan peringkat ke-11 dunia itu pun akhirnya menuntaskan pertandingan setelah 43 menit, dan membukukan skor akhir 21-18, 15-21, 6-11 saat bertemu pasangan Ko Chi Chang/Chih Chen Lee asal Taiwan.

"Rehan otot antara perut dan pinggangnya tertarik dua hari sebelum keberangkatan. Sejak tiba di sini sudah diterapi dan coba diobati tapi memang belum sembuh," ujar pelatih ganda campuran Pelatnas PP PBSI Amon Sunaryo.