Enggak Ada Lawan! Empat Ganda Putra Bulu Tangkis Indonesia Cetak Sejarah lewat All Indonesian Semifinal di Singapore Open 2022
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Daniel Marthin (kanan) dan Leo Rolly Carnando. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Nomor ganda putra Indonesia mencetak sejarah dengan menampilkan babak semifinal yang diramaikan oleh empat pasangan pada turnamen bulu tangkis BWF Super 500 Singapore Open 2022, Sabtu 15 Juli.

Keempat ganda putra Indonesia yang akan saling bersaing adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pasangan Fajar/Rian yang tampil terakhir, memastikan ikut meramaikan babak empat besar setelah menyingkirkan wakil tuan rumah Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean dalam perempat final kemarin.

"Alhamdulillah pastinya bersyukur, bisa memastikan terjadinya all Indonesia semifinal. Artinya mau siapa pun juaranya, dia tetap membawa nama Indonesia," kata Rian lewat keterangan tertulis PP PBSI, dilansir dari Antara, Sabtu 16 Juli.

Peluang sempurnanya formasi skuad Merah Putih dalam semifinal sempat terancam pupus ketika Fajar/Rian kalah pada gim pertama. Namun mereka tampil lebih baik pada gim kedua dan ketiga untuk mengikat kemenangan 16-21, 21-15, 21-15.

Pertandingan berdurasi 52 menit kemarin berjalan tidak mudah, bahkan perlu perjuangan ekstra keras untuk merebut tiket  semifinal mengikuti ketiga ganda putra lainnya yang terlebih dulu melenggang.

"Dalam pertandingan tadi lawan bermain luar biasa. Terutama di bola-bola depannya, mereka lebih berani menurunkan bola dan kami banyak tertekan di gim pertama," ujar Rian.

Sebelumnya, tiga ganda putra Indonesia sudah terlebih dahulu lolos ke babak empat besar. Dimulai dari peringkat tiga dunia Hendra/Ahsan yang mengalahkan M.R.Arjun/Dhruv Kapila asal India dengan 10-21, 21-18, 21-17.

Berikutnya, mantan Pelatnas Cipayung yang kini tampil sebagai profesional yaitu Sabar/Reza juga maju ke semifinal usai menekuk Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) dua gim langsung 21-16, 21-17.

Pasangan berjuluk The Babies, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tak mau ketinggalan setelah keluar dari rubber game 21-14, 17-21, 21-11 untuk mengatasi He Ji Ting/Zhou Hao Dong asal China.

Pada semifinal yang menjadi sejarah baru bagi bulu tangkis nasional, Hendra/Ahsan bakal ditantang Leo/Daniel, sedangkan Fajar/Rian akan meladeni Sabar/Reza.