Bagikan:

JAKARTA - Laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024 menuai hasil pahit dan kontroversial bagi Timnas Indonesia U-23. Kekalahan 0-2 dari Qatar U-23 membuat Garuda Muda terdampar di posisi terbawah klasemen.

Pertandingan pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024 digelar pada Senin, 15 April 2024. Dua laga seru tersaji, yaitu Australia U-23 vs Yordania U-23 pukul 20.00 WIB, lalu disusul laga Qatar U-23 vs Indonesia U-23 pada 22.30 WIB.

Pertemuan Australia dan Yordania berlangsung sengit karena hingga akhir bermain kedua tim imbang tanpa gol. Australia dan Yordania mesti berbagi angka setelah skor 0-0 bertahan hingga laga tuntas.

Sementara pertandingan Qatar vs Indonesia justru berlangsung menegangkan dan diwarnai kontroversial. Sayangnya, Timnas Indonesia U-23 mesti kehilangan tiga poin karena kalah 0-2.

Gol Qatar disumbangkan Khaled Ali pada akhir babak pertama. Gol tersebut berasal dari titik putih setelah wasit Nasrullo Kabirov memberikan hadiah penalti kontroversial kepada tuan rumah.

Wasit asal Tajikistan awalnya menilai Mahdi Salem melanggar Rizky Ridho. Namun, setelah melihat video assistant referee (VAR), justru Ridho yang malah diputuskan melanggar Salem di kotak terlarang.

Selanjutnya, gol kedua Qatar diciptakan Ahmed Al Rawi pada menit ke-54. Sepakan bebas jarak jauh Al Rawi membobol gawang Ernando Ari.

Selain soal penalti kontroversial, wait Nasrullo juga menuai sorotan karena dinilai berat sebelah.

Indonesia U-23 sudah bermain dengan 10 orang sejak menit ke-46 menyusul kartu kuning kedua Ivar Jenner yang kontroversial. Lalu, pada injury time babak kedua, Ramadhan Sananta juga diusir wasit.

Tak heran, kepemimpinan Nasrullo Kabirov mendapat kritik dari PSSI yang berencana melayangkan surat protes.

Terlepas dari itu, hasil dua laga pembuka pada Senin, 15 April 2024, membuat Qatar untuk sementara menempati posisi teratas di klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024.

Australia dan Yordania bertengger di tangga kedua dan ketiga. Terakhr, ada Indonesia U-23 sebagai juru kunci Grup A Piala Asia U-23 2024.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024

Qatar 3 poin

Australia 1 poin

Yordania 1 poin

Indonesia 0 poin