Usai Tekuk Indonesia U-23, Uzbekistan U-23 Cetak Sejarah Pertama Kali Lolos ke Olimpiade
Uzbekistan U-23 pertama kali lolos ke Olimpiade (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Uzbekistan U-23 akhirnya bisa menciptakan sejarah pertama kali lolos ke Olimpiade.

Tiket menuju Olimpiade Paris 2024 mereka dapatkan setelah menumbangkan Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Pada laga yang tersaji di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin, 29 April 2024, White Wolves menang 2-0 melalui gol Khusayin Norchaev (68') dan bunuh diri Pratama Arhan (86').

Sejak menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 1993, tim sepak bola Uzbekistan tidak pernah lolos ke putaran final multiajang terbesar dunia itu.

Artinya, sudah tujuh edisi Olimpiade mereka tidak ambil bagian di cabang olahraga sepak bola.

Tak heran, kegembiraan meliputi skuad White Wolves selepas mereka mencatatkan sejarah baru buat negaranya.

Pelatih Timur Kapadze mengakui sebelum laga melawan Indonesia U-23, mereka tertekan karena beban harus lolos Olimpiade untuk kali pertama.

Namun, tekanan itu bisa dilewati berkat kemampuan fisik dan taktik yang lebih baik dari Garuda Muda.

"Itu adalah pertandingan di mana kami merasakan tekanan karena kami ingin pergi ke Olimpiade. Memang benar kami mendominasi pertandingan ini, para pemain saya lebih baik secara fisik dan taktik."

"Kami bisa berbuat lebih banyak, tetapi seperti yang saya katakan, ini adalah pertandingan yang penuh tekanan bagi kami."

"Kami punya banyak peluang untuk mencetak gol, tapi tidak memanfaatkan sebagian besarnya. Jadi, kami juga membuat beberapa kesalahan yang harus kami analisis dan perbaiki," kata Kapadze.

Selurung penggawa White Wolves tampak emosional setelah berhasil menapaki jejak baru untuk negaranya, tak terkecuali Abdurauf Buriev.

Buriev, yang menggantikan peran kapten karena Jasurbek Jaloliddinov tak tampil starter, bangga menjadi salah satu pembuat momen bersejarah buat sepak bola Uzbekistan.

"Ini adalah momen yang sangat besar dalam karier saya (lolos ke Olimpiade), tetapi saya tidak bisa berkata apa-apa (lebih) karena itu adalah pertandingan yang sangat emosional," tutur Buriev.

Tak hanya meraih tiket kelolosan langsung ke Olimpiade Paris 2024, Uzbekistan U-23 juga berpeluang kembali meraih trofi Piala Asia U-23.

Mereka pernah memenangi Piala Asia U-23 pada edisi 2018 di China.

Sementara itu, Uzbekistan U-23 punya catatan apik dengan tidak pernah absen di Piala Asia U-23 sejak pertama di gelar pada 2013.

Sepanjang keikutsertaan di turnamen, White Wolves sudah dua kali mencapai final sebelumnya, satu kali juara dan satu kali runner-up (2022). Mereka juga pernah menjadi peringkat keempat pada edisi 2020.