Hasil Liga 1 2023/2024: Madura United Lolos ke Championship Series
Madura United imbang melawan Arema FC (Instagram/@maduraunited.fc).

Bagikan:

JAKARTA – Madura United memastikan diri mereka lolos ke Championship Series Liga 1 2023/2024 setelah mengambil satu poin pada pekan terakhir kompetisi.

Tim berjuluk Laskar Sape Kerap itu bermain imbang 0-0 saat menjamu tamu mereka, Arema FC, di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Selasa, 30 April 2024, sore WIB.

Bisa menambah satu poin membuat Madura pun lolos ke babak berikut kompetisi, yakni Championship Series. Babak ini mulai diberlakukan di Liga 1 per musim 2023/2024.

Sape Kerap menyelesaikan level tertinggi liga Indonesia itu di posisi keempat klasemen. Mereka total mengumpulkan sebanyak 55 poin dari 34 pertandingan yang dimainkan.

Dari jumlah laga itu, mereka menang sebanyak 15 kali, seri 10 kali, dan kalah sembilan kali. Madura United adalah tim terakhir yang memastikan tiket ke Championship Series.

Mereka mempertahankan peringkat keempat klasemen dari para pesaing terdekatnya, Dewa United dan PSIS Semarang.

Anak Dewa hanya mengakhiri Liga 1 musim ini di tangga kelima klasemen dengan 54. Meski menang dari Borneo FC 2-1 di pekan pemungkas, mereka gagal menyalip Madura Unied.

Setali tiga uang dengan PSIS. Laskar Mahesa Jenar sejatinya menjadi pengancam serius Madura United untuk berebut tiket Championship Series.

Namun, PSIS, yang harus menang untuk merangsek ke peringkat keempat klasemen, malah kalah dari Persija Jakarta 1-2 pada pekan terakhir liga.

Alhasil, PSIS hanya tertahan di peringkat keenam klasemen dengan raihan 53 poin.

Sebelumnya, tiga tiket Championship Series sudah diamankan Borneo FC, yang merupakan juara Regular Series, Persib Bandung (peringkat kedua), dan Bali United (posisi ketiga).

Posisi mereka sudah tidak bisa tergusur apa pun hasil pada pekan terakhir Liga 1 2023/2024.

Pada Championship Series nanti, Madura United akan memulai perjalanan mereka dengan melawan Borneo FC sebelum bergantian bertandang.

Championship Series digelar dengan format kandang-tandang. Dua tim yang kalah akan bersua untuk merebut juara ketiga, sementara tim menang dipertemukan untuk penentuan juara Liga 1 2023/2024.