Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Timnas Indonesia, Adam Alis, membagikan cerita lucu sekaligus haru sebelum Skuad Garuda memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia resmi menjadi salah satu tim yang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Namun, kepastian itu didapat Skuad Garuda dengan cara yang menegangkan.

Setelah kalah 1-3 dari Jepang di partai terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu, 24 Januari 2024, Timnas Indonesia harus menunggu hasil dari laga lain untuk menentukan nasib.

Tim asuhan Shin Tae-yong harus menanti partai Oman vs Kirgistan yang baru digelar sehari setelahnya atau Kamis, 25 Januari 2024. Demi bisa memastikan langkah ke babak lanjutan, laga Oman vs Kirgistan harus berakhir maksimal seri.

Pada momen itu ketegangan dan perasaan nyaris menyerah tampaknya dirasakan Adam Alis. Dia mengaku sudah sampai mengemas barang ke dalam koper karena berpikir akan pulang.

Adam Alis merasa Timnas Indonesia tak akan lolos. Apalagi Oman sempat memimpin pertandingan sebelum akhirnya bisa disamakan Kirgistan.

Momen itu dibagikan lewat media sosial pribadinya pada Jumat, 25 Januari 2024, dini hari WIB. Adam Alis menunjukkan sebuah koper besar yang diisi barang pribadinya. Di gambar itu juga terlihat bahwa momen itu diambil di kamar hotel tempat para pemain menginap.

"Allah sebaik-baik perencana. Padahal, sudah mau rapi ini," tulis Adam Alis dengan penuh syukur melengkapi keterangan fotonya.

Namun, beruntung acara mengemas barang itu urung diteruskan dengan angkat koper. Timnas Indonesia lantas dipastikan lolos ke babak 16 besar karena laga Oman vs Kirgistan berakhir seri.

Selain lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, ucapan syukur Adam Alis tersebut diutarakan karena terukirnya sejarah baru bagi Timnas Indonesia.

Lolosnya Skuad Garuda ke babak 16 besar menjadi yang pertama kali setelah empat keikutsertaan Piala Asia sebelumnya di edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 selalu gagal melewati babak penyisihan grup.

Selain itu, catatan ini juga menambah ukiran emas Shin Tae-yong setelah sebelumnya ia menjadi satu-satunya pelatih yang mengantarkan tiga Timnas Indonesia, yaitu U-20, U-23, dan senior ke putaran final Piala Asia.

Pada babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Australia pada Minggu, 28 Januari 2024, pukul 18.30 WIB, di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar.