Daftar Tim Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Timnas Indonesia masuk 16 tim yang lolos ke fase gugur Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Enam belas tim memastikan diri lolos ke babak 16 Besar Piala Asia 2023. Dari seluruh peserta yang lolos, salah satu di antaranya adalah Timnas Indonesia.

Skuad asuhan Shin Tae-yong menjadi tim terakhir yang memastikan diri merebut tiket ke babak 16 besar. Kepastian itu diterima setelah Oman melawan Kirgistan pada Kamis, 25 Januari 2024, malam WIB, berakhir dengan hasil seri 1-1.

Hasil laga Oman vs Kirgistan itu jelas menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, Oman yang hanya mendapat tambahan satu poin tak bisa melampaui koleksi poin milik Skuad Garuda.

Perinciannya, tim asuhan Shin Tae-yong mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan. Sedangkan Oman hanya merebut dua poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Menilik koleksi poin, Timnas Indonesia berhak menempati posisi keempat di klasemen peringkat ketiga terbaik. Skuad Garuda berada di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah.

Kepastian Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 itu juga sekaligus menorehkan catatan sejarah baru. Ini menjadi pencapaian perdana Skuad Garuda lolos ke babak gugur dalam sejarah keikutsertaan di Piala Asia.

Pada empat keikutsertaan putaran final sebelumnya, Timnas Indonesia mentok tak pernah lewat dari fase grup Piala Asia.

Lolosnya Indonesia membuat jumlah kontestan babak 16 besar Piala Asia 2023 telah lengkap. Pada babak gugur, Skuad Garuda akan menghadapi Australia dalam laga yang akan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, 28 Januari 2024.

Daftar Tim Babak 16 Besar Piala Asia 2023

1. Qatar

2. Tajikistan

3. Australia

4. Uzbekistan

5. Suriah

6. Iran

7. Uni Emirat Arab

8. Palestina

9. Irak

10. Arab Saudi

11. Jepang

12. Yordania

13. Korea Selatan

14. Thailand

15. Bahrain

16. Indonesia