Daftar Lima Negara yang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023
Arab Saudi memastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 usai menang pada laga kedua grup (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Lima tim sudah memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023 seiring tuntasnya semua matchday kedua fase grup pada Minggu, 21 Januari 2024.

Arab Saudi, Qatar, Australia, Iran, dan Irak jadi empat tim yang sudah memastikan langkah ke babak gugur Piala Asia 2023.

Terbaru, Arab Saudi ikut bergabung ke daftar lolos 16 besar. Tiket itu diraih setelah Arab Saudi menekuk Kirgistan 2-0 pada laga di Stadion Ahmad bin Ali.

Dua gol kemenangan Saudi atas Kirgistan itu dicetak Mohamed Kanno pada menit ke-35 dan Faisal Al Ghamdi yang memanfaatkan kesalahan kiper Erzhan Tokotaev pada menit ke-84.

Tim asuhan Roberto Mancini itu sebenarnya tampil bagus dan mendominasi permainan, tetapi Arab Saudi kesulitan menciptakan gol.

Padahal, mereka punya banyak kesempatan besar karena Kirgistan tampil dengan 10 pemain sejak menit kesembilan.

Sebelum Arab Saudi vs Kirgistan, Oman tampil melawan Thailand di Stadion Abdullah bin Khalifa pukul 23.00 WIB. Pada laga itu, Thailand gagal lolos ke 16 besar setelah bermain seri 0-0 lawan Oman.

Thailand masih punya peluang memastikan lolos ke babak gugur pada pertandingan terakhir Grup F saat melawan Arab Saudi, Kamis, 25 Januari 2024. Sementara Kirgistan hampir dipastikan gugur karena belum mengantongi poin dan tak akan bisa mengejar di sisa satu laga lagi.

Berikut Daftar Lima Negara Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Qatar

Australia

Irak

Iran

Arab Saudi